Cadangan Menipis, Opsi Impor Beras Kembali Dibuka

Menipisnya cadangan beras pemerintah memicu Perum Bulog membuka opsi impor. Meski pengajuan impor belum dilakukan, namun kalangan petani menolak rencana ini.

Rayful Mudassir

20 Nov 2022 - 11.16
A-
A+
Cadangan Menipis, Opsi Impor Beras Kembali Dibuka

Seorang pegawai Perum Bulog Wilayah Sumatra Barat memperlihatkan stok beras yang tersedia di Gudang Ampalu Bypass Padang, yang diklaim cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga momen Ramadhan 2021 nanti, Senin (1/3/2021)./Bisnis-Noli Hendra

Bisnis, JAKARTA - Perusahaan Umum Badan Usaha Logistik alias Perum Bulog tak dapat berkelit dari opsi impor beras setelah berbulan-bulan gagal menaikkan cadangan beras pemerintah ke batas aman.

Sinyal impor beras agaknya dapat dilihat dari kesulitan Perum tersebut untuk meningkatkan CBP saat panen gadu pada paruh kedua tahun ini.

Bulog tertatih-tatih dalam upaya membeli beras dari petani, dimulai dari pertengahan tahun. Kesulitan itu disebabkan oleh terbatasnya daya tawar atau kemampuan Bulog untuk membeli di tengah tingginya harga beras di tingkat petani. 

Belum lagi, Bulog harus bersaing dengan penggilingan swasta. Pemain beras di luar pemerintah berani membeli beras dengan harga lebih baik, sehingga membuat petani enggan menjual kepada Bulog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.