Canggih, Bayar PNBP Kemenkumham Bisa Pakai Qris

PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP) melalui QRIS.

Yanita Petriella

4 Jan 2023 - 19.30
A-
A+
Canggih, Bayar PNBP Kemenkumham Bisa Pakai Qris

Bank Nobu. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP) melalui QRIS. 

Direktur Jenderal AHU Kemenkumham Cahyo R. Muzhar mengatakan saat ini Ditjen AHU memiliki lebih dari 140 jenis layanan yang dapat diakses oleh masyarakat secara online melalui AHU Online. 

Oleh karenanya, diharapkan pengembangan alternatif pembayaran dengan menggunakan QRIS ini semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran atas berbagai layanan yang tersedia pada AHU Online. 

“Seperti layanan pembuatan perseroan perorangan yang sekarang tengah disosialisasikan oleh Ditjen AHU,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (4/1/2023). 

Menurutnya, kehadiran QRIS Nobu Bank diharapkan dapat mendorong pertumbuhan penerimaan penerimaan negara bukan pajak melalui Ditjen AHU pada tahun mendatang. 

“Penerimaan dari PNBP melalui Ditjen AHU terus meningkat dan mencapai lebih dari Rp 1 triliun pada 2022,” ucapnya. 

Baca Juga: Ada Tiga Tuntutan, Ini Fakta Pembeli Meikarta Geruduk Bank Nobu

Sementara itu, Direktur Utama Nobu Bank Suhaimin Johan menilai, kerja sama dengan Ditjen AHU Kemenkumham menjadi penting bagi perusahaan, khususnya terkait dengan pengembangan dan perluasan QRIS sebagai sarana pembayaran digital. 

“Khususnya jenis pembayaran penerimaan negara bukan pajak ini penting,” katanya. 

Nobu Bank telah mengembangkan layanan pembayaran berbasis QRIS secara luas dengan membangun kerja sama dengan berbagai ekosistem yang berjaringan luas. Adapun saat ini total merchant yang telah bekerja sama dengan Nobu Bank telah mencapai lebih dari 600.000 merchant dengan frekuensi transaksinya mencapai lebih dari 4 juta transaksi per bulan. 

“Kerja sama penyediaan QRIS sebagai alternatif metode pembayaran berbagai layanan Ditjen AHU Kemenkumham merupakan sebuah langkah yang inovatif dan baru,” ucap Johan. (Alifian Asmaaysi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.