Free

Cara Bank BTN agar Capai Target Penyaluran Kredit Sepanjang 2024

BTN menargetkan kantor cabang Cirebon mencatatkan kredit sebesar Rp896 miliar tahun ini.

Arlina Laras

12 Mei 2024 - 12.43
A-
A+
Cara Bank BTN agar Capai Target Penyaluran Kredit Sepanjang 2024

BTN

Bisnis, JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN mencatat total kredit dan pembiayaan perumahan di kuartal I 2024 mencapai Rp292,7 triliun, naik 10,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp264,5 triliun.
Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan kredit dan pembiayaan perumahan masih menyumbang porsi mayoritas sekitar 85% dari seluruh kredit dan pembiayaan yang disalurkan perseroan.

Dari jumlah total kredit dan pembiayaan perumahan tersebut, penyaluran KPR subsidi di kuartal I 2024 masih menjadi yang terbesar mencapai Rp167 triliun atau naik 12,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp148,6 triliun. Sedangkan pada KPR non-subsidi, perseroan mencatat kenaikan sebesar 11,2 persen menjadi Rp98,8 triliun dari Rp88,8 triliun di kuartal I tahun 2023.
“Strategi kami membidik lebih banyak penyaluran KPR non-subsidi ke segmen menengah ke atas sudah mulai menunjukkan hasil,” ujarnya dikutip Minggu (12/5/2024). 
Adapun KPR dengan ticket size di atas Rp750 juta, BTN mencatat pertumbuhan yang mencapai 176,6 persen yoy di tiga bulan pertama 2024. Total penyalurannya mencapai Rp1,05 triliun atau meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp380 miliar.
Secara keseluruhan, BTN membukukan total pertumbuhan kredit dan pembiayaan sebesar 14,8 persen sepanjang Januari hingga Maret 2024 menjadi Rp344,2 triliun dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp299,7 triliun.

Adapun BTN berencana menurunkan target pertumbuhan kredit ke level 10%-11% pada 2024 seiring dengan BI yang menaikkan suku bunga acuan 6,25%. Keputusan ini dilakukan untuk mengantisipasi biaya bunga yang mahal dan persaingan dana pihak ketiga (DPK) yang ketat. Sebelumnya, Nixon menyebut pihaknya sempat membidik target penyaluran kredit 11%-12%. Namun, dengan kenaikan suku bunga ini memaksa agar bank tidak terlalu banyak menyalurkan kredit.

Baca Juga: Siasat BTN Bidik 6.000 Nasabah Orang Kaya Baru di Sepanjang 2024


Relokasi Kantor Cabang
Salah satu upaya untuk mencapai target kredit di tahun ini, BTN melakukan penataan jaringan kantor bersamaan pengenalan tranformasinya. Terbaru, bank pelat merah ini merelokasi kantor cabang di Cirebon ke Jalan Siliwangi Nomor 16, di jantung kota Cirebon

Kantor cabang Cirebon tersebut membawahi delapan kantor cabang pembantu (KPC) yang tersebar di Cirebon, Majalengka, Indramayu dan Kuningan (Ciayumajakuning).

Setelah hadir dengan logo baru, BTN memiliki brand image yang lebih modern dan kekinian, dengan semangat transformasi BTN siap untuk bersaing di level yang lebih tinggi dan menjadi bank pilihan utama bagi nasabah khususnya nasabah kota Cirebon,” katanya. 

Adapun relokasi kantor cabang Cirebon tersebut merupakan bentuk keseriusan BTN dalam meningkatkan kualitas dan layanan perbankan kepada nasabah serta menjemput peluang pembiayaan dari potensi ekonomi yang dimiliki wilayah Ciayumajakuning yang meliputi kawasan Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Kota Cirebon tumbuh 5,01% pada hampir semua sektor usaha selama tahun 2023 dimana sektor real estate mencapai pertumbuhan 9,22% terbesar kedua setelah sektor usaha bidang transportasi dan pergudangan yang mencapai 9,99%.

Data tersebut menunjukkan bahwa kawasan Cirebon sangat prospektif khususnya di sektor properti. Selain itu, pertumbuhan penduduk juga sangat mendukung pembangunan perumahan, disini BTN berperan besar dalam memberikan akses pembiayaan perumahan.

Dengan relokasi tersebut, BTN menargetkan kantor cabang Cirebon mencatatkan kredit sebesar Rp896 miliar tahun ini. 

KPR subsidi diharapkan menyumbang Rp604 miliar dan kredit bermargin tinggi sekitar Rp174 miliar.  Sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) dibidik lebih dari Rp1,1 triliun,” ucapnya.

Hingga kuartal I tahun 2024, BTN kantor cabang Cirebon membukukan kredit sebesar Rp353,1 miliar dimana masih didominasi realisasi pada sektor KPR subsidi mencapai Rp187,5 miliar dan sisanya merupakan realisasi dari kredit konsumer non subsidi maupun kredit komersial.

“Saya optimistis, dengan berkembangnya ekosistem bisnis di Ciayumajakuning termasuk mulai berkembangnya kawasan industri di wilayah Cirebon Timur, Majalengka, Indramayu diharapkan dapat mendorong penghimpunan DPK di wilayah Ciayumajakuning,” tuturnya.

Nixon menambahkan selain KPR yang merupakan segmen kredit andalan BTN, KC Cirebon juga membidik potensi kredit di segmen Unit Usaha Menengah dan Kecil (UMKM) khususnya disejumlah sektor bisnis yaitu pariwisata, tekstil, makanan dan minuman, kerajinan, serta transportasi. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.