Cara Cek Emas Antam Asli dan Palsu

Logam mulia masih menjadi investasi yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kendati banyak oknum yang mengedarkan emas imitasi, cara membedakan logam mulia yang asli dan palsu sebenarnya cukup mudah.

Nindya Aldila

30 Apr 2023 - 14.43
A-
A+
Cara Cek Emas Antam Asli dan Palsu

Bisnis, JAKARTA - Logam mulia masih menjadi investasi yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kendati banyak oknum yang mengedarkan emas imitasi, cara membedakan logam mulia yang asli dan palsu sebenarnya cukup mudah.

Bagi Anda pengoleksi emas murni batangan, tentu Anda tidak mau membuang jutaan rupiah untuk barang palsu.

PT Antam Tbk. sebagai produsen emas utama di Indonesia telah melakukan berbagai inovasi untuk menjamin keamanan dan keaslian produk emas yang dijualnya.

Salah satu teknologi yang dikembangkan misalnya bullion protect yang merupakan fitur keamanan emas murni yang dibuat melekat langsung pada produknya dan hanya bisa dicek dengan menggunakan alat pemindai khusus.

Namun meski tidak menggunakan teknologi itu, masih banyak cara untuk memastikan keaslian dari logam mulia, di antaranya adalah:


1. Scan QR code 

Di setiap certicard keluaran Antam, terdapat barcode atau biasa disebut certicode yang berfungsi untuk mengecek keaslian produk. Kode CertiCode ini sangat unik dan hampir mustahil untuk dipalsukan.

Barcode dapat ditemukan di bagian belakang certicard. Pengecekan barcode dapat dilakukan menggunakan aplikasi bernama Certieye dengan cara memindainya.

Pegawai menunjukan produk EmasKita terbaru di sela-sela peluncurannya di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha


Selain harus memastikan sambungan internet Anda stabil, Anda harus pastikan aplikasi Certieye yang terpasang di gadget sudah versi terbaru.

Jika emas tersebut asli, maka akan muncul informasi 'authenticated' dan logo Antam. Selain itu ada beberapa informasi lainnya seperti lokasi emas, nomere referensi dan tahun produksi.

 

2. Perhatikan kemasan

Pastikan hanya membeli emas Antam yang masih dalam kemasan. Hal ini penting karena emas yang sudah lepas dari certicard-nya sangat potensial merupakan barang palsu.

Sekalipun emas tersebut asli, nilai jual dari emas yang sudah terlepas dari certicard akan turun.

 

3. Fisik emas

Emas asli dan palsu memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Emas palsu yang terbuat dari bahan kuningan, biasanya lebih gelap dan kusam. Sedangkan emas yang asli, memiliki warna yang mengkilap, berkilau dan lebih kuning.

Emas asli juga tidak akan berubah jika tergores dengan benda lain. Namun, emas asli justru akan menimbulkan bekas ketika mengecek keasliannya dengan menggigit karena makin tinggi kadar emas, maka makin lunak.

 

4. Logam klasik

PT Antam Tbk UBPP telah memasarkan logam mulia sejak 1968. Mulai tahun 2018, Antam menerapkan teknologi certicard.

Untuk itu, logam klasik asli keluaran Antam sudah pasti diproduksi sebelum tahun 2018. Beberapa cara untuk mengecek keaslian logam mulia Antam klasik di antaranya pertama, menimbang dengan timbangan digital.

Emas Antam klasik (Dok. logammulia.com)

Jika angka timbangan menunjukkan angka yang sama dengan keterangan pada sertifikat, maka artinya itu asli. Toleransi berat yaitu +/- 0.01 gram.

Kedua, meraba tulisan ukuran gram, Fine Gold dan 999,9 timbul keluar dan tulisan serial number masuk ke dalam.

Ketiga, cek bagian belakang badan emas terdapat logo hologram huruf M bila dilihat dari depan dan huruf L bila dilihat dari samping bawah atau kanan kiri. Logo ini berganti tergantung dilihat dari arah mana.

Keempat, menggunakan magnet. Emas asli tidak akan menempel dengan magnet karena sifatnya yang non magnetis.

Kelima, memeriksa sertifikat. Logam mulia keluaran Antam yang asli akan terlihat hologram simbol Logam Mulia pada sertifikatnya. Selain itu terdapat watermark yang sulit ditiru pada sertifikat yang dapat dilihat di bawah cahaya.  

(Restu Wahyuning Asih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.