Cara Hidup AJB Bumiputera & Pola Bisnis Model Asuransi Mutual

Asuransi berbentuk mutual di Jepang dapat berkembang karena mampu memanfaatkan peluang yang ada di masyarakat. Sementara di Indonesia hanya Asuransi Jiwa Besama (AJB) Bumiputera yang memiliki model bisnis itu sedang tersandung masalah gagal bayar. Berbagai upaya penyelamatan dilakukan sejak defisit.

Asteria Desi Kartikasari

2 Mar 2023 - 14.58
A-
A+
Cara Hidup AJB Bumiputera & Pola Bisnis Model Asuransi Mutual

Karyawan menawarkan produk Asuransi Bumiputera di Jakarta. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis, JAKARTA—Perusahaan asuransi berbentuk mutual bukan hal yang baru di industri asuransi, meski di Indonesia hanya Asuransi Jiwa Besama (AJB) Bumiputera yang memiliki model bisnis itu. 

Badan Keuangan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan melalui tajuk berjudul 'Menilik Arah Asuransi Berbentuk Usaha Bersama di Indonesia' dalam Laporan Ekonomi dan Keuangan tahun lalu sempat menyoroti isu tersebut. BKF menuliskan bahwa asuransi mutual memiliki peran yang dapat diapresiasi dalam pasar asuransi internasional. 

Merujuk data International Cooperative and Mutual Insurance Federation (ICMIF) diketahui bahwa asuransi mutual pada 2017 secara keseluruhan mengambil pangsa pasar asuransi global sebesar 26,7 persen dan menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (31,6 persen) dan asuransi jiwa (22,5 persen). 

Di negara maju, porsi pasar asuransi mutual jauh lebih besar (32,8 persen) atau hampir sepuluh kali lipat dibandingkan negara berkembang (3,1 persen). Salah satu usaha asuransi mutual di negara lain yang terbilang sukses adalah Jepang yang berhasil mencatatkan nilai aset sebesar 65,7 miliar Yen (setara hampir Rp9.000 triliun) pada 2019. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Cara Hidup AJB Bumiputera & Pola Bisnis Model Asuransi Mutual

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.