Cara Kerja Halving Day dan Bagaimana Memengaruhi Uang Kripto

Halving day tentu akan mempengaruhi nasib Bitcoin dalam beberapa waktu ke depan. Hal ini dikarenakan transaksi mining Bitcoin akan semakin sulit.

Jaffry Prabu Prakoso

19 Jun 2023 - 15.21
A-
A+
Cara Kerja Halving Day dan Bagaimana Memengaruhi Uang Kripto

Investor memantau pergerakan harga kripto melalui ponselnya di Jakarta, Minggu (2022022). BisnisEusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA – Mata uang kripto dinilai memiliki sentimen positif secara jangka panjang. Hal tersebut dipicu oleh adanya potensi halving day.

Dikutip dari kripto.ajaib.co.id, halving day adalah peristiwa di mana hadiah atau rewards yang akan didapatkan para miner akan dipotong setengahnya. Dalam proses mining, para miner membutuhkan perangkat yang dibutuhkan untuk memverifikasi transaksi. 

Transaksi itu akan digabungkan menjadi satu blok. Lalu kemudian blok akan disatukan menjadi chain alias blockchain



Para penambang atau miner berperan sebagai auditor yang akan memverifikasi. Miner akan mengecek, melacak, hingga memverifikasi sah atau tidaknya suatu transaksi yang terjadi terhadap aset kripto. Atas jasa yang dilakukan ini, miner akan mendapatkan rewards berbentuk aset Bitcoin. 

Bagaimana halving day mempengaruhi bitcoin

Halving day tentu akan mempengaruhi nasib Bitcoin dalam beberapa waktu ke depan. Hal ini dikarenakan transaksi mining Bitcoin akan semakin sulit. Halving day akan terjadi setiap empat tahun sekali. Ini artinya rewards yang akan didapatkan para miner akan dipotong setengahnya setiap 210.000 blok, hingga kapasitas maksimumnya sebanyak 21 juta Bitcoin.

Baca juga: Harga Bitcoin dan Altcoin Naik di Tengah Isu Binance PHK Massal

Sampai saat ini, ada sekitar 91 persen yang sudah tersebar dengan perkiraan total sebanyak 19 juta keping Bitcoin. Nah, halving berfungsi untuk memperlambat penambahan aset Bitcoin dan juga untuk menjaga peredaran BTC dipasaran untuk menghindari inflasi. 

Berikut adalah skemanya masih dikutip dari kripto.ajaib.co.id:

Halving → terjadi inflasi → permintaan naik → persediaan lebih sedikit → harga meningkat → inflasi lebih terkendali.

Baca juga: Prospek Suram Minyak Dunia Didorong China dan Rusia

Selama ini, jadwal halving day adalah 28 November 2012: 25 BTC9 Juli 2016: 12,5 BTC11 Mei 2020: 6,25 BTC,  dan 2 Maret 2024: 3,125 BTC

Apa yang terjadi setelah bitcoin halving berikutnya

Sesuai jadwal bitcoin selanjutnya pada 2 Maret 2024 mendatang, suplai koin akan dirilis dengan harga 1.312.500 BTC. Rewards yang akan didapatkan para miner juga dikurangi sehingga hanya sebesar 3.125 BTC. Namun, para trader dan investor tetap harus berhati-hati karena halving day cenderung bisa membuat pasar kripto tidak stabil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.