Free

Cara Klaim Garansi Apple di iBox, Cermati Persyaratannya

Bagi pelanggan yang belum mengetahui prosedur untuk mengklaim garansi produk Apple di iBox, ulasan berikut ini dapat menjadi rujukan yang berguna.

Redaksi

31 Mei 2024 - 18.12
A-
A+
Cara Klaim Garansi Apple di iBox, Cermati Persyaratannya

Petugas menjelaskan produk Apple di iBox/ Instagram

Bisnis, JAKARTA — iBox merupakan salah satu reseller resmi produk Apple di Indonesia. iBox menjamin garansi untuk  pembelian berbagai produknya. Layanan klaim garansi iBox sudah terjamin dan proses klaimnya cukup mudah, asalkan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Bagi pelanggan yang belum mengetahui prosedur untuk mengklaim garansi iBox dapat menyimak penjelasan di bawah ini.

Pastikan Produk Masih dalam Masa Garansi 

Pelanggan harus memastikan bahwa produk yang Anda beli masih dalam masa garansi sebagai langkah pertama, karena di luar masa garansi segala bentuk komplain sudah di luar tanggung jawab iBox.

Produk Apple umumnya memiliki garansi selama satu tahun sejak tanggal pembelian. Status garansi produk Apple dapat diperiksa melalui situs resmi Apple dengan memasukkan nomor seri perangkat.

Memiliki Bukti Pembelian 

Bukti pembelian atau faktur adalah dokumen yang didapat pelanggan setelah membeli produk. Dokumen ini penting saat proses klaim garansi. Pastikan bukti pembelian tersimpan dengan baik setelah membeli produk dari iBox.

Bukti pembelian diperlukan untuk memverifikasi bahwa produk tersebut memang dibeli dari iBox dan masih dalam masa garansi.

Kunjungi Toko iBox Terdekat 

Sebelum mendatangi toko, disarankan untuk menghubungi pusat layanan pelanggan iBox terlebih dahulu. Kontak layanan pelanggan iBox dapat dilihat melalui website.

Pelanggan dapat mengirimkan email untuk mendapatkan informasi mengenai prosedur klaim garansi dan memastikan apakah masalah yang pelanggan alami dapat diperbaiki di iBox.

Setelah mendapatkan informasi yang diperlukan, pelanggan dapat kunjungi toko iBox terdekat dan pastikan membawa produk yang bermasalah beserta bukti pembeliannya.

Ketika di toko, setelah pelanggan menjelaskan masalah yang dialami kepada petugas layanan pelanggan. Petugas akan melakukan pemeriksaan awal terhadap produk tersebut.

Pemeriksaan dan Proses Perbaikan 

Apabila produk memerlukan perbaikan, petugas iBox akan menginformasikan estimasi waktu yang dibutuhkan.

Beberapa masalah dapat diselesaikan di tempat, sedangkan yang lainnya terkadang memerlukan waktu lebih lama jika harus dikirim ke pusat servis resmi Apple.

Kemudian, jika produk tidak bisa diperbaiki dan masih dalam masa garansi, iBox mungkin akan menawarkan penggantian unit baru. Selanjutnya, jika produk selesai diperbaiki, petugas iBox akan menghubungi untuk pengambilan.

 

Berdasarkan laman resmi iBox, untuk cara dan persyaratan klaim dapat dilihat di sini:

1. Garansi merupakan garansi resmi yang melekat pada produk yang mencakup jasa perbaikan serta suku cadang yang diatur oleh ketentuan pemegang merek.

2. Hanya berlaku di wilayah Republik Indonesia.

3. Semua biaya yang timbul dan tidak terdapat dalam kebijakan garansi maka biaya tersebut akan ditanggung oleh Konsumen.

4. Garansi tidak berlaku apabila tidak memenuhi syarat dan ketentuan umum berikut:

- Invoice dan Kartu Garansi asli rusak, hilang atau tidak dapat diperlihatkan

- Nomor seri produk rusak, hilang, terdapat coretan atau tulisan tangan

- Kerusakan pada semua bagian aksesoris yang tidak dijamin

- Segel yang ditempel setelah perbaikan produk telah cacat, rusak atau terbuka selama masa garansi

- Produk telah dibongkar oleh pihak lain selain pihak ibox.co.id

- Rusak karena binatang atau serangga seperti cicak, tikus, dan sebagainya

- Produk menjadi rusak akibat kesalahan instalasi atau penggunaan (human error), kecelakaan, terjatuh, bencana alam, tersambar petir, terkena cairan, perubahan tegangan listrik, dan sebagainya.

5. Jaminan H + 1 adalah jaminan penggantian produk baru yang diberikan kepada Konsumen, adapun ketentuannya sebagai berikut:

- Cacat produksi, bukan karena kesalahan penggunaan seperti: terjatuh, masuk air, kesalahan instalasi, perubahan tegangan listrik, dan sebagainya

- Beda spesifikasi, seperti: perbedaan spesifikasi barang yang diterima konsumen dengan yang tercantum pada website ibox.co.id

- Jika konsumen tidak melakukan proses klaim jaminan ini maksimal 1x24 jam sejak barang diterima konsumen (mengacu pada tanggal penerimaan barang yang tertera pada nomor resi pengiriman), maka ibox.co.id tidak berkewajiban untuk memenuhi klaim jaminan H + 1 tersebut.


(Reporter: Muhammad Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.