Cara Mengikuti Pelelangan DJKN Kemenkeu

Siapa saja yang telah memiliki KPT, NPWP, dan nomor rekening tabungan dapat mengikuti lelang DJKN di mana saja dan kapan saja.

Redaksi

28 Apr 2024 - 20.06
A-
A+
Cara Mengikuti Pelelangan DJKN Kemenkeu

Ilustrasi lelang. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Aset sitaan negara yang dikelola oleh Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) biasanya dilelang agar tidak menumpuk dan dapat dimanfaatkan nilai ekonominya.

Pada awalnya, pelelangan tersebut dilaksanakan di berbagai wilayah Indonesia dengan mendatangi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) masing-masing daerah.

Namun, kini kemenkeu telah mengembangkan aplikasi lelang yaitu melalui laman lelang.go.id. Laman ini dirancang untuk mempermudah penjual dan peserta lelang, karena lelang tidak perlu dilakukan dengan tatap muka.

Melansir situs resmi DJKN, siapa saja yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan nomor rekening tabungan dapat mengikuti lelang di mana saja dan kapan saja.

Laman lelang.go.id menjangkau seluruh kota di Indonesia yang artinya, pelaksanaan lelang dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia melalui KPKNL.

Lelang ini bisa diikuti perorangan maupun badan hukum selama memenuhi persyaratan. Lantas, bagaimanakah cara dan tahapan untuk mengikuti lelang lewat laman lelang.go.id? Simak tahapannya di bawah ini.

    Registrasi

Jika calon peserta lelang belum memiliki akun, maka harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Namun, bagi peserta lelang yang sudah mempunyai akun dapat langsung masuk ke aplikasi lelang Indonesia atau situs lelang.go.id.

Cara registrasinya, siapkan terlebih dahulu KTP, NPWP, e-mail, nomor handphone, dan nomor rekening. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik menu Daftar di laman utama
  • Kemudian, isi formulir pendaftaran pengguna baru yaitu terdiri dari Nama Lengkap sesuai KTP, Alamat Email, No Handphone dan Password
  • Klik tombol Daftarkan Akun Saya
  • Email aktivasi yang berisi tautan aktivasi akun akan dikirim ke email yang didaftarkan sebelumnya
  • Buka email dan klik tautan “Aktifkan Akun Saya”
  • Pendaftaran berhasil

Selanjutnya, untuk mengikuti lelang calon peserta harus melengkapi persyaratan lelang yaitu mengisikan data KTP, NPWP dan rekening bank guna kepentingan pengembalian uang jaminan apabila tidak berhasil memenangkan lelang di menu Persyaratan Lelang.

Lalu, isikan data-data pada form yang tersedia dan pastikan data diri yang diisikan adalah valid.

Proses pemeriksaan persyaratan lelang akan dilakukan oleh pejabat lelang di KPKNL yang telah dipilih saat mengisikan data persyaratan lelang, dan hasil verifikasi akan dikirimkan ke alamat email yang telah didaftarkan.

Apabila seluruh persyaratan telah lengkap maka peserta sudah dapat mengikuti lelang secara online diseluruh KPKNL di Indonesia.

    Pilih Objek Lelang 

Masuk ke akun lelang dan pilih objek lelang atau lot lelang yang ingin diikuti. Setelah memilih objek lelang, klik ikut lelang, selanjutnya pilih Data KTP, Data NPWP, dan Rekening Pengembalian dan checklist status keikutsertaan.

    Menyetor Uang Jaminan Lelang 

Untuk mengikuti lelang atas objek barang yang diinginkan, peserta harus menyetorkan sejumlah uang jaminan sesuai dengan yang telah ditentukan melalui virtual account yang telah didapatkan.

Pembayaran uang jaminan lelang dapat dilakukan melalui ATM, teller, internet banking dan SMS banking. Selanjutnya setoran uang jaminan lelang akan divalidasi oleh penyelenggara lelang.

    Melakukan Penawaran Lelang 

Ketika melakukan penawaran lelang, penawaran yang diberikan harus lebih tinggi dari nilai limit yang ditentukan. Peserta dapat mengajukan penawaran berkali-kali hingga batas akhir penawaran lelang ditutup dengan penawaran selanjutnya lebih tinggi dari tawaran sebelumnya.

    Membayar Pelunasan Lelang 

Jika berhasil memenangkan lelang, maka peserta harus melakukan pelunasan lelang dalam jangka waktu maksimal lima hari kerja dengan nominal yang sesuai dengan yang tercantum dalam aplikasi lelang.

Pembayaran pelunasan juga ditujukan pada virtual account peserta lelang seperti saat menyetorkan uang jaminan lelang. Akan tetapi, apabila ada peserta yang tidak berhasil memenangkan lelang, uang jaminan lelang yang telah disetorkan akan dikembalikan.

Pengembalian uang jaminan lelang pun tidak ada potongan sama sekali, kecuali biaya transfer untuk rekening bank yang berbeda dengan bank penyelenggara lelang dengan batas waktu 1 hari kerja setelah pelaksanaan lelang.

(Reporter: Muhammad Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.