Cara WIKA Percepat Proyek Kereta Cepat Bandung-Jakarta

Di tengah tenggat operasi kereta cepat yang kian dekat, PT Wijaya Karya Tbk. (WIKA) menyuntikkan tambahan modal. Hal itu sekaligus meningkatkan kepemilikan saham WIKA di Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) menjadi 39,11 persen.

Saeno

21 Nov 2022 - 16.32
A-
A+
Cara WIKA Percepat Proyek Kereta Cepat Bandung-Jakarta

Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping saat menyaksikan secara virtual uji coba kereta cepat Jakarta Bandung di sela kegiatan KTT G20 di Bali, Rabu (16/11/2022). WIKA meningkatkan kepemilikan sahamnya di PSBI dengan menyuntikkan tambahan modal untuk proyek KCJB./Tangkapan layar-BPMI Setpres

Bisnis, JAKARTA – Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung ditarget beroperasi pada Juni 2023. Di tengah tenggat operasi kereta cepat yang kian dekat, PT Wijaya Karya Tbk. (WIKA)  menyuntikkan tambahan modal. Hal itu sekaligus meningkatkan kepemilikan saham WIKA di Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) menjadi 39,11 persen. 

Sebelumnya, Kementerian BUMN mengajukan penyaluran penyertaan modal negara (PMN) untuk PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebesar Rp3,2 triliun. Pengajuan PMN tersebut dimaksudkan untuk memenuhi setoran modal ekuitas KCIC. Namun, Komisi VI DPR RI masih berhitung untuk memuluskan permintaan PMN tersebut.

PMN diharapkan untuk menambah cashflow  proyek yang habis November ini. Cashflow KCIC juga menjadi prasyarat untuk menarik pinjaman baru ke China Development Bank (CDB) guna pembiayaan cost overrun atau pembengkakan biaya Proyek Kereta Cepat. 

PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) menguasai 60 persen saham PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). PT Kereta Cepat Indonesia China sendiri adalah pelaksana proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.