Cari Celah Unilever (UNVR) Mengembalikan Tren Positif Kinerja

PT Unilever Indonesia, Tbk. (UNVR) mencatatkan penurunan performa sepanjang 2023. Tren positif dari kinerja perseroan mulai terhenti memasuki akhir tahun sebagai akibat dari situasi geopolitik.

Dionisio Damara & Hafiyyan

7 Feb 2024 - 20.09
A-
A+
Cari Celah Unilever (UNVR) Mengembalikan Tren Positif Kinerja

Benjie Yap dicalonkan sebagai Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) dalam RUPSLB 19 Desember 2023.

Bisnis, JAKARTA— PT Unilever Indonesia, Tbk. (UNVR) mencatatkan penurunan performa sepanjang 2023. Tren positif dari kinerja perseroan mulai terhenti memasuki akhir tahun sebagai akibat dari situasi geopolitik.

Catatan laba bersih UNVR sepanjang 2023 sebesar Rp4,8 triliun. Nilai tersebut mengalami penurunan sebesar 10,51% jika dibandingkan dengan capaian laba bersih pada 2022.  Jika diperinci, penjualan bersih perseroan mencapai Rp38,6 triliun tahun lalu dan menghasilkan peningkatan gross margin sebesar 346 basis poin dibandingkan tahun 2022. 

Presiden Direktur Unilever Indonesia Benjie Yap berujar upaya memperkuat fundamental bisnis telah menjadi prioritas utama perseroan sepanjang tahun 2023. Sehingga, pada kuartal III/2023, UNVR mendaptkan kenaikan penjualan domestik sebesar 3,3%. Capaian tersebut didorong oleh pertumbuhan volume dasar yang positif sebesar 4,3%. 

Kendati tren tersebut terhenti ketika memasuki bulan November dan Desember 2023. Benjie menyampaikan pergeseran sentimen yang disebabkan oleh situasi geopolitik mengakibatkan penjualan domestik pada 2023 menjadi -5,2%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.