Catat Daftar 18 Stasiun LRT Jabodebek

Akhirnya masyarakat yang tinggal di Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) sudah bisa menggunakan transportasi umum berbasis rel atau light rail transit (LRT). Proyek pembangunan LRT Jabodebek telah dilakukan sejak September 2015.

Yanita Petriella

28 Agt 2023 - 16.11
A-
A+
Catat Daftar 18 Stasiun LRT Jabodebek

LRT Jabodebek. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Akhirnya masyarakat yang tinggal di Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) sudah bisa menggunakan transportasi umum berbasis rel atau light rail transit (LRT). Proyek pembangunan LRT Jabodebek telah dilakukan sejak September 2015.

Pada tahap awal masa operasional LRT Jabodebek akan melakukan pelayanan pengangkutan penumpang dari pukul 05.00 hingga pukul 20.00 WIB selama 2 pekan. Durasi perongperasian ini memang lebih singkat dibandingkan dengan rencana jam operasional penuh LRT Jabodebek yang direncanakan pada 05.00 hingga 23.30 WIB. Adapun, waktu tunggu antarkereta atau headway pada tahap awal operasi ini adalah 10 menit untuk stasiun dalam Kota Jakarta dan 20 menit di antara stasiun ujung, yakni Harjamukti dan Jatimulya.

Di tahap awal ini, rencananya hanya akan menggunakan 12 rangkaian kereta (trainset). Kemudian untuk tahap selanjutnya jumlah trainset yang beroperasi akan ditambah menjadi sekitar 14 hingga 16 rangkaian dan di tahap terakhir akan dioperasikan secara normal sebanyak 27 rangkaian kereta yang mengangkut penumpang. Penumpang akan dikenakan tarif promo sebesar Rp5.000 yang berlaku flat.

Rencananya, LRT Jabodebek akan melakukan sebanyak 467 perjalanan per harinya dengan rute Harjamukti – Dukuh Atas dan sebaliknya, serta Jatimulya Dukuh Atas dan sebaliknya. LRT Jabodebek juga menetapkan jam perjalanan terakhir untuk hari ini. Secara terperinci, perjalanan terakhir rute Harjamukti Dukuh Atas pukul 16.49 WIB. Kemudian, perjalanan terakhir Dukuh Atas Harjamukti pukul 17.49 WIB. Untuk perjalanan terakhir Dukuh Atas – Jati Mulya pukul 17.38 WIB dan Jati Mulya – Dukuh Atas pada pukul 16.40 WIB. 

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan LRT dijadwalkan segera beroperasi pada akhir Agustus 2023 ini. Angkutan tersebut bakal melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Kehadiran LRT Jabodebek diharapkan dapat menjadi salah satu solusi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya. Nantinya akan terdapat 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang setiap hari. Kapasitas satu rangkaian LRT Jabodebek dapat menampung hingga 1.308 penumpang.

Sebanyak 31 trainset akan disiapkan, dengan rincian guna keperluan operasional terdapat 27 trainset dan sebanyak 4 trainset akan digunakan sebagai cadangan. Setiap trainset LRT Jabodebek terdiri atas 6 kereta.

“LRT Jabodebek melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya,” ujarnya dikutip Senin (28/8/2023). 


Baca Juga; Era Baru Moda Transportasi Usai LRT Resmi Beroperasi 


Adapun terdapat 2 rute perjalanan yaitu line Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas–Cawang–Stasiun Harjamukti/pp  dan Line Bekasi yang melewati Stasiun Dukuh Atas–Cawang–HalimStasiun Jatimulya/pp.

Stasiun LRT Jabodebek terkoneksi dengan transportasi lain seperti Commuterline, MRT Jakarta, TransJakarta, Mikrotrans, Kereta Cepat Jakarta Bandung, Trans Patriot, angkutan kota, dan angkutan umum swasta.

Adapun rute LRT Jabodebek lintas Cibubur yakni Stasiun LRT Dukuh Atas, stasiun LRT Setiabudi, stasiun LRT Rasuna Said, stasiun LRT Kuningan, stasiun LRT Pancoran, stasiun LRT Cikoko, stasiun LRT Ciliwung, stasiun LRT Cawang. stasiun LRT TMII, stasiun LRT Kampung Rambutan, stasiun LRT Ciracas, stasiun LRT Harjamukti. 

Untuk rute LRT Jabodetabek lintas Bekasi yakni stasiun LRT Dukuh Atas, stasiun LRT Setiabudi, stasiun LRT Rasuna Said, stasiun LRT Kuningan, stasiun LRT Pancoran, stasiun LRT Cikoko, sasiun LRT Ciliwung, stasiun LRT Cawang, stasiun LRT Halim, stasiun LRT Jatibening Baru, stasiun LRT Cikunir 1, stasiun LRT Cikunir 2, stasiun LRT Bekasi Barat, stasiun LRT Jati Mulya. 

Selain itu, terdapat 2 tipe stasiun LRT Jabodetabek yakni interchange station di Stasiun Cawang Stasiun ini terdiri atas 3 lantai yakni lantai 1 untuk area boarding dan komersial. Lantai 2 untuk peron dan lantai 3 untuk komersial. Kemudian, typical station ini terdiri atas 2 lantai untuk area boarding dan lantai 2 untuk peron. (Lorenzo Anugerah Mahardika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.