Catatan Merah di Balik Apresiasi Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2024

Meskipun pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2024 terbilang lancar dan juga minim kecelakaan lalu lintas, namun terdapat catatan yang perlu diperhatikan untuk pelaksanaan mudik di tahun mendatang.

Redaksi

17 Apr 2024 - 18.45
A-
A+
Catatan Merah di Balik Apresiasi Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2024

Ilustrasi arus mudik. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Periode mudik Lebaran 2024 telah usai seiring dengan berakhirnya masa cuti bersama pada 15 April 2024. Total ada 10 hari periode mudik dan balik pada tahun ini. Mudik Lebaran tahun ini merupakan yang terbesar jumlahnya selama 4 tahun terakhir atau sejak masa pandemic tahun 2020.

Menurut Survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) 2024, pergerakan nasional periode Lebaran 2022 sejak 3 tahun lalu terus menanjak. Pada saat pandemi 2022, pergerakan periode Lebaran mencapai 85,5 juta, lalu meningkat 123,8 juta pada 2023, dan diproyeksikan mencapai 193,6 juta pada tahun ini.

Melihat proyeksi yang sangat besar tersebut, pemerintah telah menyiapkan segala jurus untuk membuat mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar, aman, dan selamat. Mulai dari rekayasa lalu lintas seperti one way, contraflow, dan ganjil genap, pengaturan pelabuhan penyeberangan, program mudik gratis, dan lain-lain. 

Presiden Joko Widodo mengapresiasi pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran di tahun ini yang dinilai berjalan lancar. Namun demikian, Jokowi memberikan sejumlah catatan yang harus diperbaiki. Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.