Catatan Satu Abad Industri Tekstil dan Produk Tekstil

Subsektor industri tekstil dan produk tekstil sudah memiliki struktur industri hulu hingga hilir yang lengkap tetapi belum saling terhubung sehingga masih terjadi ketimpangan produktivitas. Kini setelah 100 tahun, jadi momentum untuk meningkatkan daya saing.

Rustam Agus

23 Jul 2022 - 14.30
A-
A+
Catatan Satu Abad Industri Tekstil dan Produk Tekstil

Industri tekstil / Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Tahun ini genap satu abad kiprah industri tekstil dan produk tekstil (TPT) modern di Tanah Air yang ikut mewarnai perjalanan panjang sektor industri nasional.

Merunut sejarah, industri tekstil modern Indonesia diawali dengan berdirinya Textiel Inrichting Bandoeng (TIB) pada 1922. “Artinya telah mencapai satu abad atau 100 tahun di tahun 2022 ini," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

TIB merupakan Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Tekstil  yang membidani pendidikan vokasi tekstil tertua di Indonesia, dengan nama kini Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) Bandung.

Industri TPT, menurut Agus, berperan strategis dalam pembangunan nasional dan daya saingnya didukung dengan struktur industri yang telah terintegrasi dari hulu hingga hilir sehingga semakin kompetitif di pasar dalam negeri dan ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
company-logo

Lanjutkan Membaca

Catatan Satu Abad Industri Tekstil dan Produk Tekstil

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.