Cawe-Cawe Penentuan Inflasi

Untuk pertama kalinya, pemerintah menetapkan target inflasi sebesar 2,5%. Menariknya, penetapan ini pun dilakukan hingga 2027, saat pemerintahan telah berganti pada rezim baru.

Tim Redaksi

6 Jun 2024 - 19.30
A-
A+
Cawe-Cawe Penentuan Inflasi

Ilustrasi inflasi./BISNIS-ARF

Bisnis, JAKARTA - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Kemenkeu menetapkan target inflasi yang pada tahun depan ditetapkan sebesar 2,5% YoY. Kebijakan yang tertuang dalam Permenkeu 31/2024 itu memasang target pada 2026 sebesar 2,5%, sedangkan 2027 di angka 2,5% dengan deviasi 1%.

Di satu sisi, hal ini akan memudahkan pemerintah dalam membantu Bank Indonesia untuk mengendalikan inflasi melalui optimalisasi kebijakan anggaran negara untuk menjaga daya beli masyarakat ketika terjadi guncangan yang disebabkan oleh kenaikan indeks harga konsumen. 

Di sisi lain, hal ini kontraproduktif dengan rangkaian penyusunan APBN 2025 yang pada hari ini dalam tahap pembahasan asumsi dasar ekonomi makro yang salah satunya menetapkan target inflasi. 

Apabila dalam pembahasan di level panja tersebut target inflasi berbeda dengan Permenkeu 31/2024 maka pemerintah pun perlu melakukan penyesuaian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.