Cekak Industri Daur Ulang Plastik Butuh Insentif Pajak

Daur ulang (recycle) menjadi satu dari tiga langkah menekan laju penumpukan sampah plastik, di samping reuse, dan reduce. Namun, kapasitas industri daur ulang masih sangat minim.

Fatkhul Maskur

5 Jul 2024 - 13.06
A-
A+
Cekak Industri Daur Ulang Plastik Butuh Insentif Pajak

Konsumsi plastik di Indonesia sebagian besar digunakan untuk pengemasan. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA-Industri daur ulang berperan penting menopang upaya pemerintah menekan laju penumpukan sampah plastik melalui pendekatan 3R (reuse, reduce, dan recycle). Namun, kapasitasnya masih sangat minim.

Pelaku industri daur ulang sampah plastik tergabung dalam Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI). Organisasi yang didirikan pada 2015 tersebut mencatat 500 anggota terdaftar.

Mereka membentuk ekosistem rantai daur ulang plastik terbesar di Indonesia dari hulu ke hilir mulai dari kelompok pengepul, bank sampah sampai ke industri daur ulangnya sendiri, termasuk akademisi  dan praktisi daur ulang.

“Industri daur ulang akan menjadi penghubung dalam sirkular ekonomi, yang akan menghubungkan produsen, konsumen, hingga barang tersebut bisa kembali ke produsennya,” ujar Christine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.