Cengkeraman Baru Rusia di Industri Biji-bijian

Kebutuhan dunia pada gandum Rusia memang sulit dielak. Negara penghasil biji-bijian terbesar dunia itu sampai dibahas oleh para menteri ekonomi Asean. Para anggota mulai mempertimbangkan impor gandum dari negara itu melalui India dan China.

Rayful Mudassir

22 Agt 2023 - 21.17
A-
A+
Cengkeraman Baru Rusia di Industri Biji-bijian

Bisnis, JAKARTA - Kebutuhan dunia pada gandum Rusia memang sulit dielak. Negara penghasil biji-bijian terbesar dunia itu sampai dibahas oleh para menteri ekonomi Asean. Para anggota mulai mempertimbangkan impor gandum dari negara itu melalui India dan China. 

Dua hari sebelum berakhirnya Asean Economic Ministers (AEM) di Semarang, Jawa Tengah, negara anggota mulai berfikir mendapat pasokan gandum dari Rusia. Kebutuhan ini muncul dalam 12th AEM-Russia Consultation di Semarang, Jawa Tengah, Senin (21/8/2023). 

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan selaku Ketua AEM ke-55 menyampaikan, cara tersebut dinilai lebih mudah untuk memenuhi pasokan gandum dari Rusia ke negara kawasan.  

“Tadi kami mendiskusikan, kalau mau lebih mudah [mendapatkan pasokan gandum] bisa melalui India atau Tiongkok,” kata Zulhas di sela-sela AEM ke-55, Senin (21/8/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.