Cerah Pasar Nontradisional, Perfoma Industri Tekstil Menebal

Guna menggenjot kinerja ekspor industri TPT nasional, Kemenperin menyiapkan sejumlah dukungan, antara lain program restrukturisasi mesin.

Fatkhul Maskur

24 Mei 2024 - 15.23
A-
A+
Cerah Pasar Nontradisional, Perfoma Industri Tekstil Menebal

Finishing, proses terakhir sebelum masuk ke rolling dan packing.- Foto Mahugi Jaya

Bisnis, JAKARTA - Setelah mengalami tekanan selama 2023, kinerja industri TPT bangkit pada awal 2024 dengan produk domestik bruto (PDB) dan kinerja ekspor yang bertumbuh.

Taufiek Bawazier, Plt. Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT) Kementerian Perindustrian, mengatakan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) pada triwulan pertama 2024 mulai menunjukkan perbaikan kinerja yang signifikan.

"PDB mengalami pertumbuhan 2,64% secara YoY, demikian juga secara Q to Q mengalami peningkatan 5,92% dibandingkan Q4-2023 yang berkontraksi 1,15%,” kata Taufiek Bawazier pada acara pelepasan ekspor PT Mahugi Jaya Sejahtera di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (21/5/2025).

Kinerja gemilang industri TPT juga tecemin pada capaian nilai ekspornya pada triwulan pertama 2024 yang mengalami peningkatan sebesar 0,19% atau senilai US$2,95 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.