Cerita Vespa dan Babak Baru Piaggio di Indonesia

Tahun 2021 menjadi periode yang sangat penting bagi Vespa. Tidak hanya menjadi momentum ulang tahun ke-75, Vespa merayakan pencapaian produksi lebih dari 19 juta unit dengan proyek pengembangan fasilitas pabriknya di Cikarang, Jawa Barat.

Dionisio Damara

9 Nov 2021 - 14.58
A-
A+
Cerita Vespa dan Babak Baru Piaggio di Indonesia

Tangkapan layar Youtube, teaser skuter yang akan diluncurkan oleh rumah mode Dior yang berkolaborasi dengan Vespa. - Youtube/Christian Dior

Bisnis, JAKARTA - Tahun 2021 menjadi periode penting bagi Vespa. Momentum ulang tahun ke-75 Vespa dirayakat dengan pencapaian produksi lebih dari 19 juta unit dan pembangunan fasilitas pabrik di Cikarang, Jawa Barat.

Piaggio, melalui salah satu mereknya, Vespa, sesungguhnya telah dikenal di Indonesia pada era 1950. Setelah mengalami pasang surut bisnis, Piaggio mulai memperkuat kembali kehadirannya di pasar Indonesia sejak 10 tahun terakhir. 

Managing Director & Country Ceo PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega mengatakan Piaggio akan melanjutkan perjalanan penuh semangat, dedikasi dan komitmen untuk menghadirkan solusi mobilitas premium dan gaya hidup ke pasar Indonesia melalui empat merek ikonik dari Grup Piaggio.

"Yaitu, Piaggio, Vespa, Aprillia dan Moto Guzzi. Saya percaya prioyek industrial ini akan memperkuat kontribusi PT Piaggio Indonesia di lanskap otomotif, serta juga membawa pengalaman dan keterikatan terhadap merek kami ke tingkat yang lebih tinggi," ujar Marco pada Selasa (9/11/2021).

Tahun ini, Piaggio memulai babak baru di Indonesia, setelah 10 tahun terakhir mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Setelah merayakan pencapaian produksi lebih dari 19 juta unit di Indonesia, Piaggio memulai pengembangan pabrik di kawasan industri Jabateka, Cikarang, Bekasi 35 kilometer timur Jakarta. 

Pabrik Piaggio mencakup area seluas 55.000 meter persegi. Pada tahap pertama, merek ikonik Piaggio yaitu Vespa akan menjadi produk fokus dari fasilitas industri ini. Vespa pertama dari pengembangan ini akan diluncurkan pada akhir 2022.

"Saya sangat menantikan pencapaian ini dan dengan tulus menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang kami terima kasih atas dukungan yang kami terima dari indonesia. Kami PT Piaggio Indonesia berterimakasih atas bimbingan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia dan akan tterus berkolaborasi seiring dengan berjalannya proyek fasilitas industri ini," jelas Marco.

Perjalanan Vespa

Piaggio melalui salah satu mereknya Vespa, telah dikenal sejak era 1950. Di Indonesia, merek Vespa telah hadir selama hampir delapan dekade. Selama kurun waktu tersebut, banyak cerita yang terukir dan tak terlupakan oleh pencinta Vespa di Tanah Air.

- 1950-an

Periode ini merupakan era paling bersejarah bagi Vespa, sebab pada waktu ini Vespa lahir dan mulai berkembang di Indonesia. Produk pertama dari Vespa bahkan masih sering dijumpai di berbagi jalan sampai dengan saat ini.

- 1960-an

Setelah dekade pertama sejak kelahirannya, Vespa semakin diterima dan populer. Di masa ini, Vespa disorot karena dipilih untuk menjadi simbol penghormatan terhadap Kontingen Garuda Tentara Nasional Indonesia.

Pemerintah Indonesia memberikan Vespa atas jasa Kontingen Garuda sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Kongo. Momentum ini menjadi sebuah torehan sejarah yang berarti dan mendalam bagi Vespa di Indonesia.

- 1970-an:

Kejayaan Vespa terus berlanjut, melalui model-model klasik dan ikonik, dari Vespa Sprint 150cc, Vespa Super 150cc dan Vespa Special 90cc. Sampai hari ini, Vespa model tersebut masih bernilai di mata para pecinta Vespa.

- 1980-an:

Di era ini, Vespa yakin bahwa Indonesia siap untuk menarik perhatian pecinta otomotif dengan line up big engine. Vespa Excel 200cc dan Vespa Spartan 200cc merupakan dua model big engine pertama yang dipasarkan di Indonesia.

- 1990-an

Vespa Corsa yang dilengkapi starter elektrik dan transmisi matik hadir pertama kali di Indonesia. Vespa Corsa sendiri memulai peralihan Vespa klasik menuju Vespa modern, sehingga menjadikan Vespa Corsa sebagai pelopor motor matik di Tanah Air.

- 2000-an

Menandai ulang tahun ke-50, Vespa mempersembahkan Vespa ET dalam tiga versi, yaitu Vespa ET4, Vespa ET2, dan Vespa ET2 Injection. Vespa ET4 mendulang popularitasnya karena untuk pertama kalinya, Vespa hadir dengan mesin 4-tak dengan transmisi otomatis.

Vespa ET4 juga menjadi basis Vespa Ferrari Limited Edition yang dibuat khusus untuk tim Ferrari saat merayakan pencapaian mereka di Kejuaraan Dunia Formula 1.

- 2011

Karena antusiasme begitu tinggi, PT Piaggio Indonesia hadir secara resmi di Indonesia untuk memberikan pelayanan dan produk terbaik bagi konsumer di market ini. Produk pertama yang dibawa oleh PT Piaggio Indonesia adalah Vespa LX 150 2v dan Vespa S 150 2v.

- 2012

Vespa kembali menghadirkan line up big engine dengan menghadirkan Vespa GTS 250 sebagai flagship dari Vespa pada tahun tersebut. Perusahaan juga merilis Vespa PX 150 yang unik dan klasik bagi pecinta Vespa.

- 2013

Setelah mengawali kehadiran Vespa resmi di bawah naungan PT Piaggio Indonesia, perusahaan semakin memperluas rangkaian produknya dengan meluncurkan Vespa Primavera 150 3v, Vespa Sprint 150 3v dan Vespa 946 Ricordo Italiano.

- 2015

Untuk menekankan komitmennya bagi seluruh pecinta lifestyle dan otomotif, Vespa berkolaborasi dengan Giorgio Armani, salah satu brand ternama di dunia dan meluncurkan Vespa 946 Emporio Armani.

Kolaborasi ini merupakan interpretasi dari perayaan dua ulang tahun merek Italia, yakni ulang tahun Piaggio Group yang ke-130 dan brand Giorgio Armani yang ke-40.

- 2016

Merayakan ulang tahun yang ke-70, Vespa menghadirkan Vespa Settantesimo atau Vespa 70th Anniversary yang direpresentasikan oleh model Vespa PX, Primavera, dan GTS.

Ketiga Vespa edisi terbatas ini dibalut dengan warna Azzuro 70, warna biru muda khas tradisi Vespa. Di tahun yang sama, Vespa juga memulai pembaharuan mesin dengan memperkenalkan teknologi mesin i-get.

- 2017

PT Piaggio Indonesia memperkenalkan Vespa GTS 300, sebagai Vespa bertenaga big engine yang menjadi standar terbaru bagi Vespa GTS di masa depan.

- 2018

Tahun tersebut menjadi era yang juga istimewa bagi Vespa karena model klasik, Vespa Primavera berulang tahun ke-50. Vespa Primavera telah mewarnai hari-hari para pecinta Vespa selama setengah abad, dan masih tetap digemari sampai hari ini.

- 2019

Pada tahun ini, Vespa Indonesia kembali melengkapi pilihan ragam produknya dengan menghadirkan produk baru Vespa GTS Super Tech 300 HPE ABS. Vespa Super Tech 300 HPE menjadi Vespa pertama yang dilengkapi fitur layar digital TFT berwarna.

- 2020

Vespa berkolaborasi dengan seniman kelas dunia melalui Vespa Primavera Sean Wotherspoon dengan jumlah yang sangat terbatas. Kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari Vespa yang selalu berjiwa muda dan relevan dari generasi ke generasi.

- 2021

Menjadi tahun penuh perayaan bagi PT Piaggio Indonesia, terutama bagi Vespa yang berulang tahun ke-75 dan telah mencapai lebih dari 19 juta unit produksi secara global.

Sebelumnya, Vespa juga merilis Vespa Picnic untuk mereka yang menyukai kebebasan dan menghargai setiap momentum kecil yang sangat berarti. (Khadijah Shahnaz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.