Free

Chery Melawan Perlambatan Pasar Mobil Indonesia

Chery Indonesia berhasil melejitkan penjualan sepanjang dua bulan pertama tahun ini di tengah pasar domestik yang melambat. Di negeri asalnya, China, Chery meraih peringkat tertinggi dalam kualitas mobil baru.

Redaksi

5 Apr 2024 - 17.46
A-
A+
Chery Melawan Perlambatan Pasar Mobil Indonesia

Chery Omoda E5 resmi masuk lini produksi PT Handal Indonesia Motor awal Desember 2023. - Foto HIM

Bisnis, JAKARTA-Chery Indonesia berhasil melejitkan penjualan sepanjang dua bulan pertama tahun ini di tengah pasar domestik yang melambat. Di negeri asalnya, China, Chery meraih peringkat tertinggi dalam kualitas mobil baru.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan penjualan ritel Chery Indonesia pada Januari-Februari 2024 meningkat 204,0% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 223 unit menjadi 678 unit.

Hal ini selaras dengan penjualan wholesales yang meningkat 284,2% dibandingkan dengan periode Januari-Februari 2023 yang sebanyak 190 unit menjadi 730 unit.

Chery berhasil melejitkan penjualan justru saat pasar domestik mengalami perlambatan. Wholesales pada Januari-Februari 2024 turun 22,6% menjadi 140.274 unit. Adapun penjualan ritelnya turun 15,0% menjadi 148.649 unit.

Chery terbilang merek pendatang baru, setelah lama undur diri dan vacuum di pasar Indonesia. Chery menapaki babak baru kembalinya di pasar Indonesia ikut pameran GIIAS 2022.

Setelah itu, Chery langsung melakukan perakitan lokal seri Tiggo di pabrik PT Handal Indonesia Motor (HIM) di Bekasi, Kamis (29/9/2022). Pada produksi perdana itu, Chery menargetkan 240 unit Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro menjelang peluncuran pada Oktober 2022.

Sejauh ini, Chery bermain punya lima model yang dimainkan di pasar Indonesia. Setelah dua seri Tiggo, Omoda 5 mulai masuk gelanggang pada Maret 2023, lalu GT pada Oktober 2023, selanjutnya mobil listrik baterai Omoda E5 pada Februari 2024.

"Mobil ini memiliki desain futuristik, teknologi canggih, dan performa luar biasa. Saya yakin Oomoda E5 akan menjadi pilihan yang tepat bagi generasi muda," kata Raffi Ahmad, pemilik Rans Entertainment.

Baca juga:

Chery Mulai Perakitan di Pabrik Hyundai Bekasi

Diproduksi Lokal, Chery Omoda E5 Saingi Hyundai Ioniq 5

STUDI KUALITAS

Di China, Chery berhasil mendapatkan peringkat pertama untuk kualitas mobil baru di antara merek lainnya, berdasarkan hasil studi lembaga riset JD Power : Initial Quality StudySM (IQS) 2023. 

Hasil studi IQS 2023 yang dinilai prestisius dan terpercaya pada tingkat global ini melibatkan 230 model dari 48 brand, dengan fokus pada penilaian kualitas mobil bensin dalam periode kepemilikan 2-6 bulan. 

Analisis kualitas pada penelitian ini menggunakan 218 pertanyaan diagnostik dalam sembilan kategori, yaitu penampilan bodi, interior kabin, pengalaman berkendara, sistem kontrol atau dashboard, sistem infotainment, AC, tempat duduk, mesin dan transmisi, serta fitur keselamatan pengemudi. 

Pernyataan hasil studi diambil untuk setiap 100 unit kendaraan yang diteliti (Problem Per 100 Vehicles). Semakin rendah skor maka semakin sedikit masalah yang ditemukan dan semakin baik kualitas kendaraannya.

Chery konsisten meraih prestasi pada berbagai kategori JD Power dalam beberapa tahun terakhir. Chery mendapatkan penilaian terbaik untuk studi Automotive Performance, Execution and Layout StudySM selama dua tahun berturut-turut. 

Pada 2023 Chery TIGGO 7 Series dan Chery TIGGO 8 Series berhasil memenangkan setiap segmen pasar, yaitu segmen SUV Medium Ekonomis dan SUV Medium. Sementara itu pada 2022, Chery Arrizo 5 PLUS meraih peringkat pertama pada segmen Sedan Medium Basic. 

Pada 2021 Chery juga mendapatkan penghargaan untuk kategori keandalan kendaraan yang menilai brand-brand mobil di China (2021 China Vehicle Dependability StudySM Pada kategori ini, Chery TIGGO 3X dinobatkan sebagai juara pada segmen SUV Mini. 

Seluruh penghargaan yang diterima Chery pada berbagai segmen menjadi bukti nyata kualitas produk Chery yang unggul dan dapat diandalkan.

Kepala Departemen Brand PT Chery Sales Indonesia Rifkie Setiawan menjelaskan kualitas adalah nyawa yang menghidupi perusahaan ini. Pabrik Chery di China menjalani proses pengecekan kualitas yang ketat, dan standar yang diadopsi oleh mitra perakitan Chery di Indonesia.

“Di Indonesia, bersama dengan mitra perakitan Chery, standar kualitas ini pun menjadi acuan dalam memenuhi kualitas hasil produksi,” ujarnya. (Nanda Silvia Okti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.