China & Kunci Pasar Batu Bara Jelang Musim Dingin

Negeri Panda masih menjadi kunci pasar pergerakan harga batu bara. Meskipun kondisi pasar makroekonomi yang kurang memuaskan dan menjadi hambatan signifikan dalam pemulihan pasar muatan curah kering.

Tim Redaksi

10 Okt 2023 - 14.57
A-
A+
China & Kunci Pasar Batu Bara Jelang Musim Dingin

Proses pemuatan batu bara ke tongkang di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis, JAKARTA— Negeri Panda masih menjadi kunci pasar pergerakan harga batu bara. Meskipun kondisi pasar makroekonomi yang kurang memuaskan dan menjadi hambatan signifikan dalam pemulihan pasar muatan curah kering.

Mengutip S&P Global, pada Selasa (10/9/2023), selama kuartal III/2023, banyak pelaku pasar yang memperkirakan kenaikan tarif di kuartal IV/2023 karena penyediaan ulang batu bara. S&P Global menyebut China masih menjadi kunci yang mempengaruhi tarif pengiriman curah kering, menurut sumber yang mengoperasikan kapal.

Seain itu, pelemahan yang berkepanjangan dalam pemulihan ekonomi China adalah penyebab utama pasar angkutan muatan curah kering yang memuaskan pada kuartal III/2023 India, pengimpor batu bara terbesar kedua juga mengalami permintaan yang lebih lemah pada kuartal III/2023 dengan banyak end-users dan pembeli yang sudah memiliki persediaan sebelum musim hujan. 

Menurut pelaku pasar, penimbunan kembali batu bara di China menjelang musim dingin telah diantisipasi dan hal ini dapat mendorong harga pengiriman di kartal IV/2023.  “Pembeli dari China mungkin akan kembali ramai di kuartal IV/2023 setelah liburan Golden Week,”jelas sumber lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.