Free

Chiyoda, Toyota Kembangkan Sistem Elektrolisis Skala Besar

Elektrolisis merupakan proses kimia yang mengubah energi listrik menjadi energi kimia. Proses elektrolisis memisahkan molekul air menjadi gas hidrogen dan oksigen.

Fatkhul Maskur

7 Feb 2024 - 03.07
A-
A+
Chiyoda, Toyota Kembangkan Sistem Elektrolisis Skala Besar

Toyota Hydrogen Factory Chief Project Leader Yoshihiko Hamamura, dan Chiyoda Senior Vice President Norimasa Matsuoka. - Foto Toyota

https://bisnisindonesia.id/article/salip-korea-china-jadi-pasar-terbesar-mobil-hidrogenBisnis, JAKARTA--Chiyoda dan Toyota bersepakat menggabungkan kekuatan  untuk mengembangkan sistem elektrolisis skala besar, dengan efisiensi produksi hidrogen tinggi sekaligus paling ringkas di dunia.

Elektrolisis merupakan proses kimia yang mengubah energi listrik menjadi energi kimia. Proses elektrolisis memisahkan molekul air menjadi gas hidrogen dan oksigen.

Toyota unggul dalam teknologi produksi dan produksi massal tumpukan sel elektrolisis menggunakan teknologi sel bahan bakar. Adapun Chiyoda memiliki teknologi desain pabrik pemrosesan serta teknologi konstruksi pabrik skala besar.

Kekuatan kedua perusahaan akan disatukan untuk mengembangkan sistem elektrolisis skala besar yang unggul bersaing, seperti dilansir dalam siaran pers Toyota Motors, Senin (5/2/2024).

Hal itu pun akan memungkinkan adaptasi terhadap pasar produksi hidrogen yang berkembang pesat, baik di dalam maupun di luar Jepang.

Secara khusus, kolaborasi kedua perusahaan tersebut adalah untuk mengembangkan sistem elektrolisis dengan efisiensi produksi hidrogen yang tinggi sekaligus paling ringkas di dunia.

Kolaborasi tersebut juga akan menjawab berbagai kebutuhan pelanggan, seperti menyangkut jumlah hidrogen yang digunakan, dan keterbatasan luas lantai pabrik.

Alhasil, kolaborasi tersebut mampu menghasilkan sederet manfaat, seperti biaya lebih rendah, peningkatan efisiensi produksi, dan kualitas sistem elektrolisis yang lebih stabil untuk menghasilkan hidrogen ramah lingkungan.


Kiri: Peralatan elektrolisis (Seperangkat tumpukan elektrolisis air yang sangat terintegrasi yang diproduksi oleh Toyota). Kanan: Sistem elektrolisis skala besar (rekayasa cerdas yang dapat diskalakan oleh Chiyoda)


Baca Juga: Pasar Kian Melemah, Mobil Hidrogen Belum Menyerah

Untuk pengembangan, peralatan kelas 5 MW akan digunakan sebagai unit dasar (luas lantai 2,5 x 6 m, kapasitas produksi hidrogen sekitar 100 kg/jam), dan akan digabungkan untuk membuat paket standar yang memungkinkan pembangunan sistem elektrolisis skala besar.

Peralatan ini menawarkan sederet keunggulan, seperti hanya perlu separuh dari luas lantai peralatan konvensional, lebih mudah perawatan, pengiriman lebih gampang, waktu konstruksi lebih singkat, dan hemat biaya teknik sipil dan konstruksi.

Sistem elektrolisis hasil pengembangan ini akan diperkenalkan di Hydrogen Park di Pabrik Toyota Honsha pada tahun fiskal 2025. Nantinya, sistem elektrolisis akan diperluas ke 10 MW.

Kolaborasi Chiyoda dan Toyota sejalan dengan target pemerintah Jepang dalam pengenalan peralatan elektrolisis, termasuk di luar negeri Jepang, sebagai bagian dari Strategi Dasar Hidrogen.

Pemerintah Jepang menargetkan pengenalan peralatan elektrolisis sekitar 10% (sekitar 15 GW) dari pangsa perusahaan berbasis di Jepang, termasuk produsen suku cadang, yang diproyeksikan mencapai 134 GW pada 2030.

Baca Juga : Salip Korea, China Jadi Pasar Terbesar Mobil Hidrogen

ELEKTROLISER GLOBAL

Elektroliser adalah teknologi penting untuk produksi hidrogen rendah emisi dari listrik terbarukan atau nuklir. Kapasitas elektrolisis untuk produksi hidrogen telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Namun lajunya melambat pada 2022, dengan mulai beroperasinya kapasitas baru hanya sekitar 130 MW atau 45% lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

Kapasitas produksi elektroliser meningkat lebih dari 25% sejak tahun lalu, mencapai hampir 11 GW per tahun pada 2022.

Realisasi seluruh proyek yang sedang direncanakan dapat menghasilkan kapasitas terpasang elektroliser sebesar 170-365 GW pada 2030.

Kapasitas elektrolisis meningkat dengan tingkat yang rendah, dan memerlukan percepatan signifikan agar dapat mencapai skenario Net Zero Emissions by 2050 (NZE), yang mengharuskan kapasitas elektrolisis terpasang mencapai 550 GW pada 2030.

Kemajuan sistem elektrolis tersebar di berbagai benua, mulai dari China, yang memimpin kapasitas terpasang, hingga Uni Eropa dan Amerika Serikat, yang telah mengadopsi kebijakan-kebijakan penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.