Ciputra Group Bangun Hunian Rp2 Miliar di Semarang Jelang Pemilu

CitraLand BSB City menjadi bagian dari masterplan 1.000 hektare kota satelit Bukit Semarang Baru.

Yanita Petriella

19 Jan 2024 - 06.11
A-
A+
Ciputra Group Bangun Hunian Rp2 Miliar di Semarang Jelang Pemilu

Ilustrasi kawasan perumahan. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Menjelang Pemilu pada 14 Februari mendatang tak menyurutkan PT Ciputra Development Tbk (CTRA) untuk membangun kawasan hunian di CitraLand BSB City Semarang.

CitraLand BSB City menjadi bagian dari masterplan 1.000 hektare kota satelit Bukit Semarang Baru yang mengintegrasikan area residential premium, pusat bisnis modern, mall, dan sekolah. 

PT Ciputra Mitra Tunas terus berkreasi membangun hunian di setiap klasternya seiring perkembangan industri properti Semarang yang bergeser ke sisi Barat Kota. 

Beberapa indikatornya ialah perkembangan pembangunan infrastruktur skala nasional contohnya sudah tersambungnya akses tol Trans Jawa Batang – Semarang – Demak.

Deputy General Manager CitraLand BSB City Semarang Dessaf Setia Permana mengatakan saat ini Ciputra tengah membangun klaster Serena Hill dikembangkan di atas lahan seluas 7 hektare. Di lahan tersebut, rencananya akan dibangun sekitar 265 unit rumah.

“Kawasan ini dibangun dengan desain unik yang festive dan dinamis sangat cocok bagi para milenial. Nanti akan dihadirkan fasilitas Sport Club yang lokasinya berdampingan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (19/1/2024).

Hunian baru dengan 2 lantai yang berada di klaster Serena Hill bernama Clavio. Rumah tersebut berukuran 9 meter x 22 meter di atas luas tanah 198 meter persegi dan luas bangunan 120 meter persegi dengan harga mulai Rp2 miliar. Rumah Clavio ini memiliki konsep tropical modern architecture memadukan keindahan alam tropis dan fungsionalitas modern.

Hunian ini menggunakan material alami seperti kayu, batu dan taman dalam desain eksterior. Selain itu, juga memiliki ventilasi dan jendela besar sehingga memaksimalkan aliran udara alami.

Baca Juga: Ciputra Raih Peringkat Ketiga Real Estat Terpercaya di Dunia


Marketing Manager CitraLand BSB City Semarang Ronny Hermawan menuturkan selain pembangunan hunian, Ciputra juga tengah membangun ruko Victoria Square tahap pertama di CitraLand BSB City Semarang. 

Hal ini membuktikan komitmen kami grup ciputra untuk makin meningkatkan fasilitas di kawasan itu.

“Dengan makin banyaknya area komersial, maka semakin layak menjadi kota mandiri di Semarang,” katanya.

Saat ini Ciputra telah membuka penjualan tahap kedua Ruko Victoria Square dengan luas tanah 75 meter persegi dan luas bangunan 85 meter persegi atau 96 meter persegi.

“Ruko Victoria Square tahap kedua mulai harga Rp2 miliar,” ucapnya.

Sementara itu, Consumer Asset Division Head China Construction Bank Indonesia Chandra Bachtiar optimistis pertumbuhan industri properti di 2024 masih akan mengalami tren positif. 

Hal itu karena suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI rate dimana saat ini berada di level 6% selama tiga bulan terakhir yang menandakan bahwa Bank Sentral masih optimistis akan membantu perbankan untuk bisa menyalurkan kredit.

“Kisaran suku bunga KPR per Januari 2024 ini dari beberapa masih di kisaran 5% untuk segmen primary dan 6% - 7% untuk segmen secondary. Di samping itu kenaikan BI Rate di tahun 2023 tidak mempengaruhi peningkatan suku bunga KPR pada umumnya,” tuturnya.

Meskipun memasuki tahun politik, namun pembangunan infrastruktur yang menghubungkan jalur transportasi hingga saat ini masih terus dijalankan. Kemudahan akses ini menjadi kunci bahwa properti masih memiliki potensi untuk terus bertumbuh dan akan semakin diminati oleh masyarakat secara luas.

Selain itu, pertumbuhan KPR dalam beberapa tahun terakhir ini didominasi usia muda (milenial) dimana Porsi kepemilikan kredit perumahan oleh usia 26 tahun hingga 35 tahun mengalami peningkatan. 

Selain itu, terjadi perubahan perilaku debitur KPR di beberapa tipe, yaitu debitur usia muda saat ini lebih mendominasi KPR untuk tipe rumah tapak 22 meter persegi hingga 70 meter persegi, 

Sementara itu pangsa KPR yang dimiliki oleh debitur usia 36-45 tahun mengalami penurunan sejak tahun 2014.

“Hal ini juga dilihat sebagi peluang oleh perbankan sehingga banyak Bank yang memberikan kemudahan bagi kaum muda untuk bisa memiliki rumah melalui KPR, mulai dari tenor/jangka waktu yang lebih panjang, uang muka lebih yang ringan dan beberapa ada yang menawarkan 0% dengan syarat tertentu,” terangnya.

Keoptimisan kinerja bisnis properti juga pemerintah masih mengeluarkan kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan memudahkan masyarakat untuk bisa memiliki tempat tinggal. 

Hal itu seperti aturan pembebasan PPN 100% ditanggung pemerintah (PPN DTP) berlaku mulai November 2023 hingga Juni 2024 bagi rumah baru seharga Rp2 miliar.

”Ada diberikan relaksasi Loan to Value (LTV), aturan yang memungkinkan bank dapat memberikan DP ringan diperpanjang hingga 31 Desember 2024,” tutur Chandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.