Ciri-Ciri Ikan Segar, Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik untuk dikonsumsi. Apalagi ikan mengandung lemak dan Omega-3 terbaik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, untuk mendapatkan ikan yang bermutu, kita harus jeli memilih ikan yang masih segar. Selain rasanya lebih nikmat, ikan segar mem

Dewi Andriani

3 Des 2021 - 16.37
A-
A+
Ciri-Ciri Ikan Segar, Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Ilustrasi/teamandate

Ikan berminyak tinggi asam lemak omega-3 dan bermanfaat untuk perkembangan dan kesehatan otak. Asam lemak omega-3 adalah komponen penting dari blok bangunan sel. Ikan seperti salmon, mackerel, tuna segar, trout, sarden, dan herring kaya akan asam lemak omega-3 dan sebaiknya dikonsumsi seminggu sekali.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "6 Makanan yang Membantu Perkembangan Otak Anak", Klik selengkapnya di sini: https://lifestyle.bisnis.com/read/20211015/106/1454963/6-makanan-yang-membantu-perkembangan-otak-anak.
Author: Ithamar Yaomi DC
Editor : Novita Sari Simamora

Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS

Bisnis, JAKARTA - Mengkonsumsi ikan dapat menstimulus sistem imun di dalam tubuh. Ikan dapat memasok protein yang dibutuhkan tubuh.

Ikan sehat yang bermutu merupakan sumber protein yang layak dan memiliki omega tiga tinggi. Hal  itulah yang menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan imun tubuh.

Hal itu pernah disampaikan Rina, Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) dikutip dari situs kkp.go.id.

“Ikan sehat bermutu ini merupakan sumber protein yang layak dan memiliki omega tiga tinggi itu, salah satu faktor yang bisa meningkatkan imun tubuh,” kata Rina, Minggu (26/4/2020).

Ikan filet/Antara-IPB

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik untuk dikonsumsi. Apalagi ikan mengandung lemak dan Omega-3 terbaik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, untuk mendapatkan ikan yang bermutu, kita harus jeli memilih ikan yang masih segar. Selain rasanya lebih nikmat, ikan segar memiliki kandungan protein yang lebih sempurna.

Kementerian Kelautan dan Perikanan menyebutkan 5 cara berikut untuk mengetahui segar tidaknya ikan yang akan kita konsumsi.

1. Mata terang dan jernih

Biasanya, ikan yang segar memiliki mata yang terang, jernih, tidak kusam dan relatif lebih cembung. Sebaliknya, ikan yang sudah tidak segar matanya terlihat cekung dan bola matanya kusam. Ikan dengan mata kusam masih bisa dikonsumsi, tetapi sudah melewati masa terbaiknya.

2. Insang merah berkilau

Ikan yang segar memiliki insang berwarna merah berkilauan yang terang dan bersih. Insang masih tertutup sedikit lendir berwarna jernih. Ikan yang tidak segar insang merah keabu-abuanan dan berlendir keruh.
 

3. Daging lentur dan elastis

Ikan yang segar ketika dagingnya di tekan akan kembali karena masih lentur dan elastis. Ikan yang tidak segar saat dagingnya ditekan tidak kembali ke kondisi awal.
 

4. Sisik berkilai dan melekat kuat

Sisik ikan yang masih segar tampak berkilau dan melekat kuat pada tubuhnya. Ikan yang sudah tidak segar, sisiknya mudah lepas.
 

5. Tidak berbau amis

Aroma ikan yang masih segar berbau seperti air bersih atau air asin bahkan seperti aroma mentimun. Sementara itu, ikan yang sudah tidak segar mengeluarkan bau amis yang tidak akan hilang walaupun ikan tersebut sudah di masak.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.