Cryptocurrency, Calon Penyebab Krisis Keuangan atau Sebaliknya?

Komunitas pendukung crytocurrency sedang berjuang agar Indonesia menjadi tempat berdirinya pasar kripto di dunia. Sementara itu, secara global masih ada kelompok yang skeptis bahkan menentang uang kripto. Apa yang bakal terjadi ke depan?

Tim Redaksi

31 Jan 2022 - 15.59
A-
A+
Cryptocurrency, Calon  Penyebab Krisis Keuangan atau Sebaliknya?

Ilustrasi/Antara

Bisnis, JAKARTA – Gejolak harga mata uang kripto atau cryptocurrency terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Rontoknya pasar kripto dikaitkan dengan kekhawatiran Federal Reserve akan menerapkan kebijakan moneter yang lebih ketat. Kekhawatiran itu lantas mendorong aksi jual yang begitu tajam terhadap aset kripto.

Selain itu, faktor ketidakpastian regulasi cryptocurrency di Rusia turut menjadi sentimen negatif. Meski kemudian  muncul bantahan dari Kementerian Keuangan Rusia terkait wacana pelarangan cryptocurrency oleh Bank Sentral Negara tersebut.

Di luar itu, belakangan International Monetary Fund (IMF) mendesak El Savador untuk menghapus bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Dilansir CNBC, Rabu (26/1/2022), para direktur IMF menekankan adanya risiko terkait penggunaan bitcoin dengan stabilitas keuangan, integritas keuangan, dan perlindungan konsumen, juga kewajiban kontigen fiskal terkait.

Kondisi yang terjadi memunculkan persepsi negatif atas mata uang digital tersebut. Lantas, akankah anjloknya kripto menyebabkan kondisi yang lebih parah bagi sistem keuangan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.