Cuan Tebal Taipan Boy Thohir dkk di Balik Rekor Dividen ADRO

Emiten tambang PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) mencatat rekor tertinggi pembagian dividen tertinggi sepanjang sejarah perusahaan. Situasi tersebut membuat semakin tebal kantong konglomerat di balik Adaro, termasuk Garibaldi Thohir.

Asteria Desi Kartikasari

13 Mei 2023 - 17.03
A-
A+
Cuan Tebal Taipan Boy Thohir dkk di Balik Rekor Dividen ADRO

Garibaldi Thohir, Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), di kediamannya di Jakarta, Indonesia. - Bloomberg/Muhammad Fadli

Bisnis, JAKARTA— Emiten tambang PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) mencatat rekor tertinggi pembagian dividen tertinggi sepanjang sejarah perusahaan.  Situasi tersebut membuat semakin tebal kantong konglomerat di balik Adaro, termasuk Garibaldi Thohir.

Rekor tersebut didukung oleh lesatan laba yang dicatat oleh perusahaan. Laba inti ADRO mencapai US$3,01 miliar pada 2022 atau naik 140 persen secara tahunan. Sementara itu, total laba bersih mencapai US$2,83 miliar yang setara Rp43,23 triliun, naik 175 persen secara tahunan. Dalam RUPS yang digelar pada Kamis (11/5/2023), para pemegang saham ADRO menyetujui pembagian dividen tunai final sebesar US$500 juta. 

Selain Garibaldi Thohir, konglomerat lainnya yang bakal mengantongi dividen tebal ADRO adalah Theodore Permadi Rachmat dan Edwin Soeryadjaya bersamaan dengan posisi strategis mereka di perusahaan. 

Keputusan dalam RUPS mengantarkan total dividen ADRO menjadi US$1 miliar atau sekitar Rp14,7 triliun dan merupakan rekor dividen terbesar sepanjang riwayat ADRO. Jika dihitung-hitung, dividen tersebut setara dengan Rp229,8 per lembarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Cuan Tebal Taipan Boy Thohir dkk di Balik Rekor Dividen ADRO

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.