Daftar 10 Kawasan Industri Terbesar di Indonesia

Keberadaan kawasan industri di Indonesia sebagai pendekatan pengembangan manufaktur bukanlah hal yang baru. Saat ini tercatat ada sebanyak 126 kawasan industri dengan total luas 63.161,12 hektare. Kawasan industri terbesar Indonesia ada di Serang, Banten.

Fatkhul Maskur
Aug 18, 2022 - 1:00 PM
A-
A+
Daftar 10 Kawasan  Industri Terbesar di  Indonesia

Modern Cikande Industrial Estate

Bisnis, JAKARTA - Keberadaan kawasan industri di Indonesia sebagai pendekatan pengembangan manufaktur bukanlah hal yang baru. Saat ini tercatat ada sebanyak 126 kawasan industri dengan total luas 63.161,12 hektare. Kawasan industri terbesar Indonesia ada di Serang, Banten.

Kawasan Industri adalah kawasan tempat pemusatan kegiatan industri pengolahan yang dilengkapi dengan prasarana, sarana, dan fasilitas penunjang lainnya yang disediakan dan dikelola oleh Perusahaan Kawasan Industri.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 24 Tahun 2009, pembangunan kawasan industri bertujuan untuk mengendalikan pemanfaatan ruang; meningkatkan upaya pembangunan Industri yang berwawasan lingkungan; mempercepat pertumbuhan Industri di daerah; meningkatkan daya saing Industri; meningkatkan daya saing investasi; dan memberikan kepastian lokasi dalam perencanaan dan pembangunan infrastruktur, yang terkoordinasi antarsektor terkait.

"Luas lahan Kawasan Industri paling rendah 50 (lima puluh) hektare dalam satu hamparan," seperti dikutip dari Pepres No 24/2009. Adapun luas kawasan industri tidak dibatasi. Lalu, di mana sajakan kawasan industri terbesar di Indonesia?

Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Daftar 10 Kawasan Industri Terbesar di Indonesia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ