Daftar Hacker Indonesia selain Bjorka

Bjorka tidak sendiri. Setidaknya ada banyak hacker di Indonesia dan mereka membuka pendaftaran bagi yang ingin bergabung.

Jaffry Prabu Prakoso

12 Sep 2022 - 20.53
A-
A+
Daftar Hacker Indonesia selain Bjorka

JAKARTA – Aksi peretas atau hacker bernama akun Bjorka mendapat sorotan publik dalam sepekan terakhir di Indonesia. Dia melakukan serangan siber terhadap lembaga pemerintahan, perusahaan pelat merah, hingga pejabat negara seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bjorka tidak sendiri. Setidaknya ada banyak hacker di Indonesia dan mereka membuka pendaftaran bagi yang ingin bergabung.

Berikut adalah daftar hacker Indonesia yang bahkan dianggap berbahaya bagi dunia dikutip dari akun YouTube Dodi Wijaya.

 

1. Hmei7

Mungkin bagi orang awam nama Hmei7 adalah identias asing. Meski begitu, dia cukup diperhitungkan dalam meretas. Namanya pernah tercatat sebagai mass of defacer top di zone-h. Beberapa situs yang pernah dia retas adalah Pizza Hut dan IBM.


Logo IBM/Reuters

 

2. Kang Onno

Pria yang memiliki nama lengkap Onno Widodo Purbo ini adalah pakar teknologi informasi dari Bandung yang memiliki latar belakang teknik elektro pada 1981. Berbekal predikat sebagai wisudawan terbaik, Kang Onno melanjutkan pendidikan ke Kanada melalui beasiswa.

 

3. Xnuser

Mungkin akan banyak perdebatan Xnuser sebagai peretas hebat di Tanah Air. Akun yang bernama Dani firmansyah ini merupakan peretas yang berhasil mendobrak sistem keamana KPU pada 2004.


Baca juga: Manuver Bjorka, Bukti Perlindungan Data Publik Masih Nihil

 

Setelah melakukan beberapa kali percobaan melalui sistem keamanan KPU, Xnuser berhasil masuk ke server KPU. Ketika ada di lingkup server, Xnuser membuka tampilan nama 24 partai peserta pemilu dan menggantinya menjadi nama buah.

 

4. E5A_Cyb3r

E5A_Cyb3r merupakan peretas paling muda yang berhasil membobol situs KPU dengan mengubah tampilan dan membuat admin kewalahan. Setelah mengacak-acak situs tersebut, E5A_Cyb3r mengembalikannya ke sedia kala.


Tangkapan layar situs KPU Jakarta Timur yang diretas, Rabu (18/8/2021)./Antara

 

5. Xsvshacker

Peretas andal dari tanah air lainnya adalah Xsvshacker. Beberapa aksinya pernah membuat pemilik situs kewalahan. Salah satu korban retasnya adalah database NYPD pada 2011.

Xsvshacker melakukan defacing lebih dari 430.000 situs di seluruh dunia. Meretas game Zynga hingga membobol situs kepresidenan israel.

 

6. Pak Made

Pria dengan nama asli I Made Wiryana ini merupakan salah satu Cyber Paspampres RI. Dia dipercaya mengurusi penjagaan situs dan server Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai pawang hacker yang menjahili situs pemerintah. Dia pernah melakukan back up server kepresidenan dalam hitungan detik setelah digempur DDoS.

 

7. Mr. Dick

Tidak ada yang tahu siapa yang menggunakan inisial ini. Akan tetapi dari kabar yang beredar, dia disebut putra asli Indonesia yang berasal di Kalimantan. Dia merupakan peretas andal yang katanya mampu meretas ribuan server dalam waktu singkat.

Yang beredar di forum bawah tanah dikatakan bahwa Mr. Dick kini bekerja sama dengan Microsoft dan Google untuk mempelajarai pengembangan dan membuat sistem pertahanan software.

 

8. Jim Geovedi

Tentu banyak yang tahu nama Jim Geovedi. Dia adalah pakar sekaligus pemerhati teknologi informatika dari Indonesia. Kini dia menetap di luar negeri.


Baca juga: Data Pribadi Presiden dan Wapres Pun Diduga Bocor dan Dijual


Salah satu aksi hebat yang hingga kini diperbincangkan banyak orang adalah ketika Jim mempraktikkan untuk menggeser arah orbit di angkasa pada 2009.

 

9. Bio666x

Bio666x pernah membuat heboh Malaysia karena di usia 19 tahun saat itu, pria dengan nama Yogi Nugraha pernah mematikan jaringan internet Negeri Jiran pada 2019.

Singapura juga pernah jadi korban Bio666x. Banyak data penting milik militer Singapura yang dia dapat setelah meretas dan masuk ke dalam server.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.