Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, dan BP per 1 April 2024

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pertamina (Persero) kembali memutuskan untuk tidak melakukan perubahan harga BBM nonsubsidi per 1 April 2024. Dengan demikian, Pertamina tidak pernah melakukan penyesuaian harga BBM setidaknya sejak awal tahun ini.

Lukman Nur Hakim & Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

1 Apr 2024 - 14.55
A-
A+
Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, dan BP per 1 April 2024

Pengendara sepeda motor melakukan pengisian bahan bakar minyak di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Daftar harga bahan bakar minyak (BBM) di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina, Shell Indonesia, dan BP-AKR per 1 April terpantau beragam. Kendati Shell dan BP-AKR kompak melakukan penyesuaian harga BBM pada awal April ini, Pertamina kembali bergeming.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pertamina (Persero) kembali memutuskan untuk tidak melakukan perubahan harga BBM nonsubsidi per 1 April 2024. Dengan demikian, Pertamina tidak pernah melakukan penyesuaian harga BBM setidaknya sejak awal tahun ini.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan keputusan perusahaan migas pelat merah itu tidak melakukan perubahan harga mengacu pada beberapa aspek antara lain Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM.

“Penyesuaian harga BBM nonsubsidi merupakan hasil evaluasi oleh seluruh badan usaha sesuai regulasi formula harga yang berlaku,” kata Irto dalam keterangannya, Senin (1/4/2024).

Keputusan untuk tidak melakukan perubahan harga jual BBM nonsubsidi, imbuhnya, juga diambil berdasarkan perhitungan evaluasi harga serta mempertimbangkan kebutuhan masyarakat pada Ramadan dan Idulfitri kali ini.

Baca juga:

Napas Tambahan Bisnis Pertashop Bisa Jual BBM Pertalite

Harga BBM Tidak Naik, Pembatasan Pertalite Mencuat

Dilema Harga BBM dan Tarif Listrik, Antara Subsidi dan Daya Beli

Alasan Pemerintah Pastikan Harga BBM Tidak Naik Hingga Juni 2024

Jaminan Presiden Jokowi Pastikan Harga BBM Tidak Naik

Adapun, berdasarkan ketentuan Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62/K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum, operator hilir migas selain Pertamina telah melakukan penyesuaian harga BBM di SPBU per 1 April 2024.


Sebagai gambaran, harga Pertamax yang berlaku sejak Januari 2024 hingga saat ini adalah Rp12.950 per liter, sedangkan Pertamax Green 95 Rp13.900 per liter, Pertamax Turbo Rp14.400 per liter, Dexlite Rp14.550 per liter, dan Pertamina Dex Rp15.100 per liter.

Ketetapan harga BBM tersebut berlaku untuk wilayah Jawa dan wilayah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5%.

Irto menegaskan bahwa Pertamina Patra Niaga berkomitmen memberikan harga BBM yang terbaik sebagai wujud availability, accessibility, affordability, acceptability, dan sustainability bagi masyarakat hingga pelosok negeri, tidak hanya kota besar.

“Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga menetapkan harga yang kompetitif bagi masyarakat sekaligus memastikan distribusi hingga pelosok negeri tetap dapat dilakukan dengan maksimal,” tuturnya.

Adapun, SPBU swasta seperti Shell dan AKR kembali melakukan penyesuaian harga pada awal April ini. Melansir dari laman resmi perusahaan, Shell menurunkan harga Shell V-Power yang tadinya dibanderol dengan harga Rp15.370 per liter menjadi Rp15.360 per liter. Selain V-Power, BBM jenis V-Power Diesel juga mengalami penurunan signifikan dari harga Rp16.140 per liter menjadi Rp15.740 per liter.

Tidak hanya Shell, BP-AKR juga melakukan penyesuaian terhadap harga BBM yang mereka jual. Melansir dari laman resmi BP-AKR, perusahaan asal Inggris ini melakukan penyesuaian harga pada BBM jenis BP Ultimate yang pada bulan lalu dibanderol Rp15.370 per liter menjadi Rp15.360 per liter.

Penyesuaian harga juga terjadi pada BBM jenis BP Diesel. Pada awal Maret BP Diesel dijual dengan harga Rp15.610 per liter, tetapi per 1 April ini dapat dibeli dengan harga Rp15.230 per liter.


STOK BBM

Terkait dengan ketersediaan stok BBM selama Ramadan hingga Lebaran Idulfitri tahun ini, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati sebelumnya menyebutkan bahwa perseroan telah meningkatkan stok bahan bakar untuk mengantisipasi peningkatan pergerakan orang yang diproyeksikan naik 56% dari periode tahun lalu. 

“Ini stoknya jauh lebih tinggi, biasanya gasoline [bensin] itu untuk 18 hari atau maksimal 20 hari, ini kami siapkan 30 hari, avtur 38 hari sangat tinggi yang kami siapkan,” kata Nicke saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI, Jakarta, Kamis (28/3/2024). 

Selain itu, Nicke menuturkan, perseroan turut mengaktivasi kembali fasilitas dan sarana prasana penunjang meliputi 115 terminal BBM, 30 terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 723 SPBE, 5.027 agen LPG, dan 71 DPPU. 

Selain itu, dia menambahkan, Pertamina turut menyediakan layanan pendukung di jalur potensial meliputi jalur tol, wisata, lintas utama berupa SPBU Siaga, agen dan outlet LPG siaga, Kiosk Pertamina Siaga, motorist, mobil tangki stand by dan serambi Pertamina (fasilitas istirahat dan kesehatan). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.