Daftar Jalan Tol Trans Sumatra yang Sudah Beroperasi

Pemerintah melaporkan sebanyak 12 ruas Jalan Tol Trans Sumatra sepanjang 738,46 kilometer telah beroperasi hingga awal 2023. Berikut ini daftarnya.

Jaffry Prabu Prakoso

2 Feb 2023 - 15.40
A-
A+
Daftar Jalan Tol Trans Sumatra yang Sudah Beroperasi

Situasi arus lalu lintas di gerbang tol Itera Kotabaru di jalan tol Trans Sumatra. /Dok. Hutama Karya.

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah telah membangun dan mengoperasikan sebanyak 12 ruas Jalan Tol Trans Sumatra sepanjang 738,46 kilometer (KM).

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono mengatakan bahwa kehadiran konektivitas Jalan Tol Trans Sumatra telah menjadi akses penghubung sentra-sentra produksi dan akses menuju daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Selain itu, terhubungnya akses jalan tol telah membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan baru terutama yang berada di sekitar jalan tol serta mempermudah akses ke berbagai destinasi wisata yang terhubung.


Suasana proyek tol Indralaya-Prabumulih, Sumatra Selatan, sebagai bagian tugas PT Hutama Karya (Persero) mengembangkan Tol Trans Sumatra. JIBI/Bisnis/Suselo Jati


"Saat ini dilanjutkan konektivitas pendukung Jalan Tol Trans Sumatra dimulai dari jalan tol yang telah terbangun di wilayah Lampung sebagai pintu gerbang menuju Pulau Sumatra," kata Triono dalam keterangan resminya pada pekan ini.

Triono menjelaskan bahwa Jalan Tol Trans Sumatra juga membuka banyak peluang yang menguntungkan. Selain itu juga banyak membuka lapangan kerja sehingga menyerap banyak tenaga kerja.

Menurutnya, aktivitas bisnis bisa dilakukan dengan biaya yang bersaing dengan provinsi lain dan mampu bersaing dengan negara lain. 

"Melalui kehadiran jalan tol yang diharapkan dapat disambungkan pada sentra-sentra ekonomi, mulai dari pariwisata, kawasan industri, pertanian, hingga perkebunan sehingga manfaat ekonomi dari adanya infrastruktur jalan tol bisa semakin maksimal," ujarnya.

Progres 5 Ruas Tol yang Ditarget Rampung 2023

Sementara itu, PT Hutama Karya (Persero) menargetkan dapat merampungkan konstruksi lima ruas tol yang menjadi bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) pada 2023.

Baca juga: Sempat Mandek, Proyek Tol Padang-Sicincin Dikebut Selesai 2024

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan bahwa ruas-ruas tol Trans Sumatra itu semuanya adalah Tol Simpang Indralaya-Muara Enim (Seksi Simpang Indralaya-Prabumulih), Indrapura-Kisaran (seksi 1 dan 2), Binjai-Langsa (seksi Binjai-Pangkalan Brandan), Sigli-Banda Aceh (seksi 1,5,6) dan Tol Pekanbaru-Padang (Seksi Bangkinang-Pangkalan).

“Keseluruhan ruas tersebut progres pembangunannya sudah cukup signifikan yakni rata-rata diatas 50 persen,” ujar Koentjoro dalam keterangan resmi, Senin (23/1/2023).

Lebih detail, Koentjoro menyebut pembangunan jalan tol Simpang Indralaya-Muara Enim (Seksi Simpang Indralaya-Prabumulih) sepanjang 65 km progresnya sudah mencapai 89 persen. 

"Dari sisi pekerjaan struktur, pengerjaan rest area terus berjalan, sementara untuk pengerjaan pintu tol dan 1 simpang susun telah selesai di garap. Jalan tol ini diharapkan dapat mendukung percepatan mobilitas masyarakat di wilayah Sumatra Selatan bagian Ogan Ilir, Prabumulih dan Muara Enim," ujarnya.

Sementara itu, untuk mendukung konektivitas sentra-sentra produksi hingga akses ke berbagai destinasi wisata di Sumatra Utara dan sekitarnya, pembangunan jalan tol Indrapura-Kisaran (seksi 1 dan 2) sepanjang 47 km, progresnya sudah mencapai 78 persen. Jalan tol ini akan dilengkapi dengan 2 simpang susun dan 2 gerbang tol.

Baca juga: Simak Rencana 6 Ruas Jalan Tol Baru Dibangun Sepanjang 2023

Adapun, Jalan Tol Binjai-Langsa (Seksi Binjai-Pangkalan Brandan) sepanjang 58 km, saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 58 persen.

Koentjoro menjelaskan bahwa jalan tol ini nantinya memiliki 3 gerbang tol, 3 simpang susun, 26 jembatan dan direncanakan memiliki 1 rest area. Jalan tol ini diharapkan mampu memperlancar akses menuju kawasan produktif dan destinasi wisata di wilayah Sumatra Utara.

Selanjutnya, pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (seksi 1,5,6) sepanjang 38 km sudah mencapai 81 persen. Seksi jalan tol ini akan dilengkapi 2 simpang susun dan 2 gerbang tol.

"Jika nanti tersambung, artinya seluruh pengerjaan dari Jalan Tol Sigli-Banda Aceh rampung secara keseluruhan dengan total panjang 74,2 km. Sebagai informasi, jalan tol ini merupakan salah satu ruas utama (backbone) JTTS untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Aceh," jelasnya.

Terakhir, pembangunan JTTS yang direncanakan rampung di tahun ini adalah Jalan Tol Pekanbaru-Padang (Seksi Bangkinang-Pangkalan) dengan panjang 24,7 km. Saat ini, progres konstruksinya sudah mencapai 73 persen.

Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan juga akan dilengkapi dengan 1 simpang susun dan 1 ramp on/off. Adapun rencana kecepatan 5 jalan tol ini berkisar 80-100 km/jam dengan jumlah lajur 2x2.

 

Foto udara jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian dari Trans Sumatra, di Lampung. /Bisnis-Abdullah Azzam 

Berikut daftar 12 ruas tol Trans Sumatra yang telah beroperasi dengan total panjang 738,46 km:

1. Bakauheni-Terbanggi Besar 140,41 km

2. Terbanggi Besar-Kayu Agung 189,40 km

3. Kayu Agung-Palembang-Betung 37,62 km

4. Belawan-Medan-Tanjung Morawa 42,70 km

5. Medan-Binjai 17,67 km

6. Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi 62,11 km

7. Palembang-Indralaya 21,58 km

8. Sigli-Banda Aceh 35,87 km

9. Pekanbaru-Dumai 131,69 KM

10. Binjai-Langsa 11,80 km

11. Bengkulu-Taba Penanjung 16,73 km

12. Pekanbaru-Bangkinang 30,89 km. (Muhammad Ridwan dan Fitri Sartina Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.