Daftar Lima Bandara Layani Penerbangan ke Kertajati

Lima wilayah tercatat melayani penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat setelah pemerintah menutup operasional reguler Bandara Husein Sastranegara, Bandung pada Minggu (29/10/2023).

Ni Luh Anggela

30 Okt 2023 - 14.40
A-
A+
Daftar Lima Bandara Layani Penerbangan ke Kertajati

Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat resmi beroperasi secara penuh pada Minggu (29/10/2023) - BISNIS/Ni Luh Anggela

Bisnis, JAKARTA - Lima wilayah tercatat melayani penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat setelah pemerintah menutup operasional reguler Bandara Husein Sastranegara, Bandung pada Minggu (29/10/2023). 

Layanan tersebut menyusul mulai beroperasinya Bandara Kertajati secara penuh untuk menggantikan operasional penerbangan reguler Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jabar.

Lima bandara tersebut, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang melayani 12 penerbangan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan empat penerbangan serta Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru. Kemudian, Bandara Internasional Lombok dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar masing-masing dengan dua penerbangan.

"Kami menyambut baik beroperasinya Bandara Kertajati secara penuh mulai hari ini. Dengan infrastruktur dan fasilitas pendukung bandara yang sangat mumpuni, potensi untuk penambahan frekuensi ataupun pembukaan rute baru ke bandara-bandara AP I yang lain sangat terbuka lebar," kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, (29/10/2023).

Secara total, terdapat 22 penerbangan dari/ke Bandara Kertajati yang dilayani oleh lima bandara itu. Faik memerinci 22 penerbangan dari/ke Bandara Kertajati yang dilayani oleh lima bandara tersebut dioperasikan oleh tiga maskapai penerbangan. Indonesia AirAsia dengan empat penerbangan, Super Air Jet 14 penerbangan, dan Citilink Indonesia dengan empat penerbangan.

Penerbangan pertama yang beroperasi di bandara AP I ke Bandara Kertajati adalah Indonesia AirAsia QZ 750 yang berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Minggu pukul 06.58 WITA dan mendarat di Bandara Kertajati pada pukul 07.15 WIB.

Pesawat yang sama kemudian berangkat kembali menuju Bali pada pukul 08.34 WIB dan tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada pukul 10.53 WITA. 

Faik menilai Majalengka selaku lokasi dari Bandara Kertajati memiliki profil potensi catchment area yang cukup luas, meliputi masyarakat yang berasal dari wilayah Jawa Barat seperti Cirebon Indramayu, dan Kuningan, wilayah Jawa Tengah bagian utara serta eks-penumpang dari Bandara Husein Sastranegara.

"Dengan potensi cakupan yang cukup luas ini, kami berharap dengan resmi beroperasinya Bandara Kertajati ini akan berdampak pula terhadap pertumbuhan trafik penerbangan dan penumpang di bandara-bandara AP I," kata Faik.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, harga tiket pesawat dari Bandara Kertajati lebih murah dibandingkan dengan bandara lainnya.

Menurut Budi, tarif tiket pesawat di BIJB Kertajati cukup terjangkau karena adanya pengaruh diskon landing fee untuk maskapai yang melayani penerbangan di bandara tersebut.

Dia mencontohkan, harga tiket pesawat rute dari Bandara Kertajati menuju Denpasar, Bali bisa 50 persen lebih murah ketimbang keberangkatan dari Jakarta.

"Tarif ke Bali itu cuma Rp600.00-Rp700.000, itu bukan lagi insentif. Orang Bandung bisa foya-foya. Kalau dari Jakarta bisa Rp1,4 juta. Diskon 50 persen," kata Budi, Minggu (29/10/2023), dikutip dari Antara.

Potongan harga itu, kata Budi, berlaku untuk semua rute penerbangan domestik di Bandara Kertajati yang mulai beroperasi penuh saat ini.

Selain diskon, Kementerian Perhubungan juga meminta kepada maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Citylink, Lion Air, Batik Air dan AirAsia untuk memberikan tiket khusus bagi penumpang sehingga tingkat okupansi pesawat di Bandara Kertajati semakin ramai.

"Ada satu konsep crowd-create-crowd, jadi keramaian itu menarik jumlah," katanya.

Lebih lanjut, Budi menuturkan bahwa terdapat sejumlah permintaan dari luar negeri untuk membuka destinasi penerbangan di Bandara Kertajati. Kabar itu, ujar dia, telah menunjukkan kalau prospek ekonomi dari Bandara Kertajati semakin cerah ke depannya.

"Banyak sekali permintaan luar negeri untuk datang ke sini. Saya waktu roadshow ke Arab Saudi, Dubai, Malaysia dan India mereka sangat tertarik untuk menjadikan destinasi melalui Jawa Barat," ucap dia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi melepas dua penerbangan perdana yaitu maskapai AirAsia rute Kertajati-Denpasar keberangkatan pukul 08.15 WIB dan penerbangan maskapai Super Air Jet rute Kertajati-Medan keberangkatan pukul 08.30 WIB.

Di samping itu, dia menjelaskan bahwa pengalihan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati bertujuan untuk meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Kita butuh runway yang lebih panjang dari Bandara Husein, supaya pesawat besar seperti Boeing 777 bisa mendarat sehingga penerbangan dari luar negeri baik dari Asia, Eropa, dan negara lainnya, bisa langsung mendarat di Jawa Barat. Maka itu penerbangan kita pindah ke Bandara Kertajati,” kata Budi.

Dia menuturkan, ada sebanyak 16 penerbangan setiap harinya dengan kapasitas tempat duduk sebesar 32.760 pax per minggu atau 4.680 pax per hari (datang dan berangkat), setelah adanya pengalihan dari Bandara Husein ke Kertajati.

Setidaknya, ada tujuh rute yang dialihkan ke bandara Kertajati yaitu tujuan Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Batam (BTH), Denpasar (DPS), Makassar (UPG), Medan (KNO), dan Palembang (PLM). Tujuh rute ini dilayani pesawat jet maskapai Citilink, AirAsia, serta Super Air Jet. 

Adapun, rute penerbangan luar negeri dengan tujuan Kuala Lumpur, Malaysia sudah beroperasi sejak Mei 2023. Bandara Kertajati juga telah melayani penerbangan umroh dan haji. (Ni Luh Angela/Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.