Daftar Mobil Anyar yang Bakal Meluncur 2023

Pasar otomotif nasional akan dibanjiri berbagai produk anyar tahun ini, terutama berbasis listrik meliputi hybrid dan BEV.

Jaffry Prabu Prakoso

2 Jan 2023 - 14.53
A-
A+
Daftar Mobil Anyar yang Bakal Meluncur 2023

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjajal mobil listrik KIA EV6 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Kamis (11/8/2022). /Bisnis-Khadijah Shahnaz

JAKARTA – Persaingan pasar otomotif akan semakin ketat pada tahun ini. Para agen pemegang merek (APM) bakal berlomba-lomba meluncurkan beragam produk mobil teranyar di Tanah Air.

Sederet mobil yang bakal meramaikan pasar otomotif di Indonesia tahun depan terdiri dari beragam segmen. Baik dari segmen hybrid electric vehicle (HEV), battery electric vehicle (BEV), maupun mobil berbahan bakar konvensional atau internal combustion engine (ICE).

Tentu saja, hal ini merupakan kabar baik bagi para konsumen yang akan membeli mobil baru, karena semakin banyak pilihan yang tersedia. Lantas apa saja mobil yang bakal diluncurkan tahun 2023?

Berikut Sederet Mobil yang Diprediksi Bakal Meluncur pada 2023:

Honda CR-V Hybrid

Hondanews.com

PT Honda Prospect Motor (HPM) telah memberikan bocoran akan meluncurkan dua mobil hybrid pada 2023 mendatang, salah satunya yakni Honda CR-V Hybrid. Adapun model Honda CR-V Hybrid sempat dipamerkan pada ajang GIIAS 2022 pada Agustus lalu dan rencananya akan segera diluncurkan tahun ini.

"Kami sudah mempunyai road map untuk penerapan elektrifikasi di Indonesia. Di mana tahun depan akan memperkenalkan dua varian hybrid, dan elektrifikasi lainnya termasuk produksi lokal di tahun-tahun selanjutnya," kata Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, ada dua pilihan mesin yang disematkan pada CR-V Hybrid 2023 ini, yaitu mesin bensin 1.500 cc turbo bertenaga 193 dk/6.000 rpm dan torsi 242 Nm/1.700-5.000 rpm. Serta mesin hybrid 2.000 cc yang berpadu dengan dua motor listrik atau Two-Motor Hybrid Powertrain yang diklaim memiliki tenaga 204 HP.

Honda Accord Hybrid

Hondanews.com


Selain Honda CR-V Hybrid, PT HPM juga diprediksi bakal meluncurkan mobil sedan berteknologi hibrida, yakni Honda Accord Hybrid. Rencana peluncuran sedan hybrid yang juga sempat mejeng pada GIIAS 2022 lalu ini sejalan dengan visi elektrifikasi penuh Honda pada 2040 mendatang.

Adapun, Honda Accord Hybrid menggunakan mesin bensin 1993 cc DOHC 4 silinder 16 valve i-VTEC yang dipadukan dengan motor listrik bertenaga 135 dk dengan torsi 315 Nm, serta baterai lithium-ion berkapasitas 13 kWh.

SUV dan MPV di Bawah Rp300 Juta Masih Mendominasi 

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memproyeksikan penjualan mobil tahun depan masih dipegang segmen SUV dan MPV di bawah Rp300 juta. Selain itu, asosiasi ini juga telah memprediksi akan adanya peningkatan penjualan mobil listrik pada 2023.

"Segmen MPV atau SUV yg harga nya dibawah 300 juta masih akan mendominasi penjualan di Indonesia," kata Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto saat dihubungi Bisnis, Jumat (30/12/2022).

Jongkie juga mengatakan bahwa pada 2023 ekosistem kendaraan listrik akan meningkat dari tahun ini asalkan harga mobil listrik di Indonesia, khususnya jenis BEV memiliki harga yang terjangkau.

"Tergantung, apakah sudah ada BEV yang harga nya terjangkau, ya pasti akan laris dan banyak terjual," ungkapnya. (Rizqi Rajendra dan Anshary Madya Sukma)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.