Daftar Model Mobil Terlaris Sepanjang 2023

Sejak awal 2023, tiga model saling salip menjadi model terlaris: Daihatsu Sigra, Toyota Avanza, dan Honda Brio Satya.

Fatkhul Maskur

21 Apr 2023 - 14.23
A-
A+
Daftar Model Mobil Terlaris Sepanjang 2023

Honda Brio Satya. - Ft Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Honda Brio tercatat sebagai mobil dengan penjualan wholesales (borongan) bulanan tertinggi di Indonesia sepanjang Januari-Maret 2023, adapun Toyota Avanza berada di peringkat kedua.

Berdasarkan data Gaikindo, pasar mobil Indonesia diisi oleh 29 merek yang menghadirkan lebih dari 150 model. Sejak awal 2023, tiga model saling salip menjadi model terlaris: Daihatsu Sigra, Toyota Avanza, dan Honda Brio Satya.

Pada bulan pertama 2023, Daihatsu Sigra memimpin pasar dengan angka penjualan wholesale 6.644 unit, lalu pada bulan kedua Toyota Avanza mengambil alih kepemimpinan dengan wholesale 5.565 unit.

Pada Maret 2023, Brio Satya gantian memimpin pasar dengan angka wholesale 6.598 unit. Model kendaraan hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) ini juga menjadi model terlaris pada kuartal pertama 2023.

“Kami berterima kasih kepada konsumen yang masih terus antusias terhadap Honda Brio hingga saat ini, yang terutama datang dari kalangan anak-anak muda dan pembeli mobil pertama," ujar Direktur Inovasi Bisnis dan Pemasaran dan Penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM). Yusak Billy, Kamis (20/4/2023).

Selain itu, pada bulan yang sama, Honda Brio juga tercatat sebagai mobil dengan penjualan ritel tertinggi di Indonesia dengan total penjualan sebanyak 7.159 unit.

Brio juga menjadi model Honda dengan penjualan tertinggi, dengan kontribusi 49 persen dari total penjualan Honda di bulan Maret 2023.

Bersama dengan model-model lainnya, penjualan ritel Honda pada bulan Maret tercatat sebesar 14.614 unit, atau meningkat 21 persen dibandingkan bulan sebelumnya.


Selain Brio, penjualan Honda pada bulan Maret juga disumbangkan melalui model-model SUV-nya, tercatat dengan penjualan sebanyak 6.523 unit atau 45 persen dari total penjualan Honda.

Model SUV Honda yang paling banyak diminati adalah All New Honda HR-V yang mencatatkan penjualan 2.752 unit, disusul Honda WR-V dengan penjualan 1.653 unit, All New Honda BR-V dengan penjualan 1.634 unit, dan Honda CR-V dengan penjualan sebanyak 484 unit.

Sementara itu, Honda City Hatchback RS terjual 360 unit, Honda Mobilio sebanyak 324 unit, All New Honda Civic RS sebanyak 162 unit, Honda Accord 40 unit, All New Honda City 32 unit, dan All New Honda Civic Type R sebanyak 14 unit.

Billy mengatakan ke depan pihaknya akan terus menghadirkan model-model kendaraan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. "Di sisi lain, kami juga melihat tren untuk mobil-mobil SUV yang terus meningkat, sehingga kami akan fokus untuk menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen ke depannya," kata Billy.

INSENTIF

PT Toyota-Astra Motor mencatat total penjualan 33.344 unit pada Maret 2022, meningkat 34,1 persen dibandingkan capaian bulan sebelumnya (Februari) sebesar 24.865 unit. Pertumbuhan itu salah satunya didorong oleh kebijakan relaksasi penerapan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBm) yang kembali diberlakukan oleh pemerintah sejak Januari 2022 lalu.

"Seiring dengan semakin membaiknya proses pemulihan perekonomian nasional dan daya beli masyarakat, serta dukungan kebijakan pemerintah yang kondusif memberi dampak positif terhadap kinerja penjualan industri otomotif, termasuk Toyota," kata Vice President PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto, seperti dilansir Antara Kamis (14/4/2023).

Henry berharap, tren positif tersebut akan terus berlanjut sehingga dapat membantu berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi serta memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan.

Dengan capaian Maret tersebut, total wholesales Toyota sepanjang tiga bulan pertama 2023 mencapai 81.095 unit atau naik 41,2 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022 57.435 unit. Angka itu juga lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan rata-rata industri 33,6 persen yaitu dari 187.026 unit menjadi 263.822 unit.

Sebagian besar dari peningkatan penjualan pada Maret berasal dari jajaran, line up, yang mendapat insentif PPnBM dengan total wholesales 10.383 atau naik 56,1 persen dari 6.650 unit pada Februari.

Dari 13 line-up Toyota yang mendapat insentif, All New Avanza tercatat mengalami lonjakan penjualan yang sangat signifikan. Dari tiga varian Avanza yang mendapat insentif, angka penjualannya naik menjadi lebih tiga kali lipat (227 persen) yaitu dari 1.552 unit pada Februari menjadi 5.088 unit pada Maret.

"Angka-angka itu membuktikan bahwa insentif PPnBM sangat positif bagi proses pemulihan daya beli masyarakat dan juga industri otomotif. Semua ini tentu akan bermuara pada percepatan proses pemulihan ekonomi secara keseluruhan,” kata Henry.

Model lain yang dikenalkan pada tahun lalu yakni Toyota Raize, penjualan retailnya tumbuh 97,84 persen dari 139 unit menjadi 275 unit pada periode Februari-Maret 2022.

Bukan hanya produk dengan insentif PPnBM saja yang meningkat, namun produk non-PPnBM juga menunjukkan angka pertumbuhan yang positif. Misalnya, Kijang Innova dari 8.601 unit di Q1 tahun lalu menjadi 14.761 unit di tahun ini, meningkat 71,6 persen. Selain itu,

Avanza dan Veloz secara total mampu menyumbang sebanyak 23.194 unit yang lebih tinggi dari pencapaian tahun sebelumnya di periode yang sama sebanyak 12.080 unit atau meningkat hampir dua kali lipat dengan market share lebih dari 41 persen di segmen Low MPV.


ELEKTRIFIKASI

Sejalan dengan harapan pemerintah Indonesia untuk mereduksi emisi gas karbon dioksida atau CO2, Toyota turut menghadirkan produk-produk yang lebih ramah lingkungan melalui strategi multi-pathway.

Saat ini, terdapat 11 model kendaraan elektrifikasi mulai dari HEV, PHEV, hingga BEV yang telah dipasarkan di Indonesia melalui Brand Toyota & Lexus.

Pada Q1 2022 TAM telah menghadirkan Corolla Altis Hybrid dengan penjualan di Q1 2022 meningkat 45,8 persen dibandingkan tahun lalu di periode yang sama. Camry Hybrid juga menyumbang hampir tiga lipat kenaikan penjualan, di mana pada Q1 2022 berhasil tembus di angka 119 unit atau naik 198 persen dibandingkan tahun lalu.

“Kami berharap, sejalan dengan kebijakan pemerintah mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan dan proses pemulihan ekonomi yang mampu mendorong daya beli masyarakat, pasar kendaraan elektrifikasi ke depan akan semakin besar dan Toyota siap memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan,” kata Henry.

Sementara itu, alam menyambut Idul Fitri tahun ini, Toyota menggelar rangkaian program servis berkala bertajuk “Silaturahmi Lebaran - Tenang dan Aman Bersama Toyota” yang dibagi menjadi beberapa tahapan saat Bulan Ramadhan dan setelah Lebaran.

"Melalui program ini, Toyota mengajak dan mendorong pelanggan untuk datang ke bengkel resmi Toyota untuk melakukan perawatan berkala atau perbaikan umum sebelum mereka menggunakan mobilnya untuk bepergian di masa libur Lebaran, sehingga perjalanannya pun berjalan dengan tenang dan aman,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM).

Tahapan pertama “Silaturahmi Lebaran - Tenang dan Aman Bersama Toyota” adalah “Promo Jelang Lebaran” yang berlangsung sejak 4 April lalu hingga hingga 23 April 2022, yang menawarkan diskon jasa servis hingga 25 persen dan diskon suku cadang Toyota tertentu hingga 10 persen.

Produk suku cadang Toyota itu antara lain TMO Engine Oil Full Synthetic, TMO Injector Cleaner, TMO Brake Cleaner, TMO Radiator Coolant, aki Toyota/Battery Maintenance Free, dan Toyota Tire Solution.

Tahapan kedua program “Silaturahmi Lebaran - Tenang dan Aman Bersama Toyota” adalah “Promo Siaga Lebaran” yang berlangsung mulai 28 April hingga 8 Mei 2022.

Melalui program itu Toyota menghadirkan posko siaga di sejumlah titik mudik dan memastikan ratusan bengkel siaga tetap beroperasi saat masa liburan guna turut melancarkan kegiatan mudik tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.