Daftar Orang atau Badan yang Tidak Dikenai Pajak Penghasilan

Dalam PP Nomor 5 Tahun 2022 disebutkan sejumlah kriteria tentang wajib pajak, objek pajak, serta orang/badan dan penghasilan yang dikecualikan dari kewajiban membayar pajak penghasilan.

Saeno

30 Des 2022 - 21.08
A-
A+
Daftar Orang atau Badan yang Tidak Dikenai Pajak Penghasilan

Ilustrasi - Petugas pajak melayani warga yang mengikuti program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) di Kantor Direktorat Jendral Pajak, Jakarta, Jum'at (31/3/2022). Pemeritah mengecualikan orang, badan, atau penghasilan tertentu dari Pajak Penghasilan./Antara-Atika Fauziyyah

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah telah menerbitkan PP atau peraturan pemerintah terkait penyesuaian pajak penghasilan. Dalam PP Nomor 5 Tahun 2022 disebutkan sejumlah kriteria tentang wajib pajak, objek pajak, serta orang/badan dan penghasilan yang dikecualikan dari kewajiban membayar pajak penghasilan.

Dalam pertimbangan disebutkan bahwa PP nomor 5 Tahun 2022 diterbitkan  untuk memberikan kepastian hukum, sekaligus demi penyederhanaan administrasi perpajakan, kemudahan, dan keadilan kepada wajib pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu dalam jangka waktu tertentu. PP ini juga dibuat untuk melaksanakan perjanjian internasional di bidang perpajakan.

PP nomor 5 Tahun 2022 diterbitkan menyusul diundangkannya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.  Adapun, pada Pasal 17 UU 7/2021 ditetapkan tentang tarif pajak penghasilan di Indonesia.

Pasal 17 ayat  (1) 17 UU 7/2021  menyebutkan bahwa tarif pajak yang diterapkan atas Penghasilan Kena Pajak bagi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Daftar Orang atau Badan yang Tidak Dikenai Pajak Penghasilan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.