Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Pemilik BCA Betah di Pucuk

Indonesia memiliki sejumlah pengusaha yang memiliki kekayaan sangat besar. Simak 10 nama orang terkaya di Indonesia dan kekayaan yang dimilikinya.

Jaffry Prabu Prakoso

29 Okt 2022 - 16.29
A-
A+
Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Pemilik BCA Betah di Pucuk

Hartono Bersaudara. /Solopos

JAKARTA – Beberapa waktu lalu Forbes Real Time Billionaire merilis sejumlah nama yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Ternyata terdapat sejumlah nama yang masuk dalam daftar konglomerat dari Indonesia. 

Lantas, siapa saja yang masuk dalam daftar orang kaya asal Indonesia? Dan berapa kekayaan yang dimilikinya? Berikut daftarnya yang perlu diketahui. 

 

1. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono

Di posisi pertama ada nama Robert Budi Hartono sebagai orang terkaya di Indonesia 2022. Robert merupakan pemilik Bank Central Asia (BCA) dan Djarum. Kekayaan yang dimilikinya mencapai US$ 21,4 miliar.

Selain Robert Budi Hartono, keluarga Hartono lainnya yang masuk dalam orang paling kaya di Indonesia yaitu Michael Hartono. Dia merupakan pengusaha yang bergerak di bidang sama seperti R. Budi Hartono. Kekayaan yang dimiliki Michael Hartono mencapai US$ 20,6 miliar.

 

Chairul Tanjung memberikan keterangan pers usai rights issue Allo Bank di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (11/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani


2. Chairul Tanjung

Pengusaha Indonesia lainnya yang masuk dalam daftar orang kaya di Indonesia yaitu Chairul Tanjung.

Pemilik CT Corp ini mempunyai sejumlah bisnis seperti media, hiburan, asuransi, keuangan, ritel. Energi, dan agrobisnis. Keuntungan bersih yang dimilikinya mencapai US$7,5 miliar atau sekitar Rp110 triliun.

 

3. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia merupakan pengusaha tekstil dan petrokimia terbesar di Indonesia. Pria kelahiran India ini memiliki kekayaan sekitar US$ 6,6 miliar dan menjadi orang terkaya di Indonesia nomor tiga setelah Chairul Tanjung. 

 

Baca juga: Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia per September 2022


4. Prajogo Pangestu

Urutan orang terkaya di Indonesia selanjutnya yaitu Prajogo Pangestu. Prajogo merupakan pengusaha yang memiliki usaha di bidang petrokimia. Prajogo mempunyai kekayaan bersih sekitar US$5,4 miliar. Di dunia, Dia menduduki peringkat ke-471 sebagai orang terkaya di dunia. 

 

5. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong merupakan pengusaha yang bergerak di sektor tambang batu bara. Kekayaan yang dimilikinya mencapai US$4,1 miliar atau sekitar Rp 54 triliun. Ia juga berada di posisi ke-801 sebagai orang kaya di dunia. 

 

6. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat merupakan pemilik Triputra Group yang membawahi usaha PT Adi Sarana Armada Tbk. dan PT Dharma Satya Nusantara Tbk. Theodore Rachmat masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan sekitar US$ 3,3 miliar atau sekitar Rp 48 triliun. 

 

Baca juga: Yang Terkaya dari Bisnis Kelapa Sawit


7. Wijono dan Hermanto Tanoko

Bisnis yang dimiliki keduanya membuat mereka masuk dalam daftar orang paling kaya di Indonesia. Gurita bisnis Avia Avian membuat keduanya memiliki kekayaan sekitar US$3,2 miliar atau sekitar Rp 46,8 triliun. 

 

8. Djoko Susanto

Di posisi ke-8 ada nama Djoko Susanto sebagai orang terkaya di Indonesia. Djoko Susanto merupakan pemilik retail Alfamart dengan kekayaan yang dimiliki sekitar US$2,8 miliar.

Usaha yang dimilikinya tersebar di berbagai wilayah, maka wajar jika kekayaan yang dimiliki bos Alfamart ini sangat besar. 


 Pendiri Alfamart Alfa Midi Djoko Susanto./Universitas Bunda Mulia


9. Martua Sitorus

Martua Sitorus merupakan pengusaha bahan pokok, salah satunya minyak sawit Wilmar International. Pengusaha ini mempunyai kekayaan sekitar US$2,9 miliar atau sekitar Rp 40,5 triliun. 

 

10. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Eddy Kusnadi Sariaatmadja merupakan pengelola PT. Elang Mahkota Teknologi atau Grup Emtek. Perusahaan yang dikelolanya bergerak di bidang media dan telekomunikasi, teknologi, serta pembangunan dan industri. Kekayaan yang dimiliki bos Emtek ini mencapai US$3 miliar. (Nuraini)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.