Daftar Perusahaan Pupuk Terbesar di Dunia

Daftar perusahaan pupuk terbesar di dunia dapat dilihat melalui kapitalisasi pasar yang dihasilkan oleh para pabrik pupuk tersebut

Rayful Mudassir
Sep 21, 2022 - 5:19 PM
A-
A+
Daftar Perusahaan Pupuk Terbesar di Dunia

Bisnis, JAKARTA - Kontribusi industri pupuk di dunia tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski jarang disorot, namun sektor ini berpengaruh besar terhadap pasokan pangan global. 

Pentingnya industri ini dapat dilihat dari isu yang dibawa Presiden Joko Widodo saat melawat ke Ukraina dan Rusia beberapa waktu lalu. Jokowi saat itu melobi Presiden Putin untuk kembali membuka keran ekspor pangan dan pupuk. 

Dua komoditas tersebut berperan cukup krusial terhadap keberlangsungan hidup manusia. Keduanya juga saling berkaitan dalam proses menghasilkan pangan berkualitas. 

Dari kepentingan itu pula, beberapa perusahaan pupuk dunia mencatatkan diri sebagai produsen pupuk paling besar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar atau market cap berdasarkan harga saat ini dikutip dari companiersmarketcap.  

  1. Nutrien

Posisi pertama diisi oleh perusahaan asal Kanada, Nutrien. Selain dikenal sebagai perusahaan pertambangan, Nutrien juga merupakan produsen pupuk kalium terbesar di dunia dan produsen pupuk nitrogen terbesar kedua secara global. 

Setelah didirikan sejak 2001, Nutrien telah mencatatkan diri sebagai market cap hingga US$49,14 miliar per September 2022. Nilai tersebut mengantar Nutrien sebagai perusahaan paling berharga ke-295 di dunia. 

  1. Wesfarmers

Perusahaan asal Australia ini bergerak di sektor barang konsumsi. Termasuk dalam produksi pupuk. Lini bisnis utama Wesfarmers adalah industri retail makanan. Dengan bisnis tersebut, perusahaan mencatat kapitalisasi pasar senilai US$34,13 miliar. Valuasi ini cukup untuk menempatkan Wesfarmers sebagai perusahaan paling berharga ke - 460 di dunia. 


  1. CF Industries

Perusahaan pupuk berbasis di Illinois, Amerika Serikat ini telah berdiri sejak 1946 dan masih bertahan dengan 3.000 karyawan. Selain berada di Negeri Paman Sam, CF Industries juga mendirikan pabrik pengolahan di Kanada dan Inggris. Umumnya, produk keluaran perusahaan ini dipasok ke sejumlah negara di Benua Amerika. 

Dari bisnis pupuk ini, CF Industries telah merekam kapitalisasi pasar hingga US$20,75 miliar atau berada di urutan 765 perusahaan dengan market cap terbesar.

  1. Saudi Arabian Fertilizer Company

Safco merupakan perusahaan petrokimia pertama di Arab Saudi. Perusahaan ini didirikan pada 1965 dan menjelma sebagai salah satu produsen bahan kimia terbesar di dunia. Dengan kapasitas tahunan lebih dari 4,9 juta ton pupuk, perseroan berhasil membukukan kapitalisasi pasar hingga US$20,02 miliar. 

Catatan ini membawa perusahaan pupuk asal Arab Saudi ini berada pada urutan ke - 800 sebagai perusahaan yang paling berharga. 

  1. Mosaic Company

Mosaic sempat masuk dalam Fortune 500. Perusahaan yang memproduksi fosfat, kalium dan pengumpulan urea sebagai pupuk. Meningkatnya kinerja perusahaan turut mendongkrak market cap Mosaic berada pada level US$18,68 miliar. Laporan ini cukup mengantarkan lini bisnis perusahaan berada pada level 849 perusahaan paling bernilai di dunia. 

Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar