Daftar Proyek Bakal Groundbreaking Kloter 5 di IKN

Groundbreaking kloter 5 IKN pada 29 September hingga 1 Maret 2024 memiliki tema besar yakni pengembangan pembangunan pada sektor keuangan.

Alifian Asmaaysi

28 Feb 2024 - 16.54
A-
A+
Daftar Proyek Bakal Groundbreaking Kloter 5 di IKN

Presiden Jokowi saat groundbreaking proyek IKN. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memastikan groundbreaking kloter 5 di Ibu Kota Negara (IKN) bakal digelar pada 29 Februari hingga 1 Maret 2024.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan groundbreaking tahap 5 IKN memiliki tema besar yakni pengembangan pembangunan pada sektor keuangan.

Groundbreaking tahap 5 berkaitan dengan pusat layanan perbankan KIPP IKN, akan hadir 4 bank yang membangun di sana yaitu Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan tentu Bank Kaltimtara sebagai tuan rumah Ibu Kota Nusantara,” ujarnya dikutip Rabu (28/2/2024). 

Bersamaan dengan masuknya sejumlah industri keuangan ke IKN, lembaga regulator yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga masuk ke dalam proyek yang akan groundbreaking bulan ini.

Adapun, saat ini rencana investasi ekspansi bisnis 4 bank dan pembangunan kantor OJK di IKN tersebut telah memasuki tahap penandatanganan surat perjanjian kerja sama (PKS).

Tak hanya itu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) juga akan segera melakukan groundbreaking proyeknya di IKN pada bulan ini. 

Agung menjelaskan, keikutsertaan TLKM pada groundbreaking tahap 5 berkaitan dengan pembangunan smart office dan layanan komunikasi atau command center IKN.

Kemudian, terdapat pula proyek investasi yang bakal diguyurkan oleh lembaga penyiaran publik yakni TVRI. Serta, rencana groundbreaking BPJS Kesehatan di IKN.

Namun demikian, hingga saat ini belum diketahui jumlah investasi yang akan disuntik oleh sejumlah perusahaan tersebut. Pasalnya  kepastian terkait total nilai investasi akan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin proses groundbreaking proyek kloter 5. 

“Sekarang sedang dihitung [nilai investasinya] tapi kita semakin dekat ke Rp50 triliun,” tuturnya.

Baca Juga: Bersiap Kembali Rencana Groundbreaking Sejumlah Proyek di IKN Akhir Bulan Ini

Untuk diketahui, sejak September 2023 hingga Januari 2024, pemerintah telah melakukan 4 groundbreaking proyek. Nilai investasi dalam groundbreaking kloter 1 pada 21 – 22 September 2023 di IKN mencapai sebesar Rp23 triliun yang terdiri dari 10 perusahaan dalam Konsorsium Nusantara.

Pada kloter pertama, pengembang Agung Sedayu Group (ASG) bersama 9 perusahaan lainnya yang membentuk konsorsium telah merealisasikan komitmen investasi pertama untuk membangun proyek di IKN berupa hotel berbintang lima bernama Nusantara. Adapun konsorsium ini dinakhodai oleh Sugianto Kusuma atau Aguan membangun proyek mixed used development berupa mal, hotel dan perkantoran. Di kloter pertama, juga mulai dibangun Hotel Vasanta merupakan proyek hotel bintang lima yang dikembangkan oleh PT Sirius Surya Sentosa (Vasanta Group). 

Kemudian, OIKN menggelar groundbreaking kloter 2 pada 1 – 2 November 2023 dengan nilai investasi Rp13,1 triliun. Groundbreaking tahap ini dilakukan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Mayapada Hospital milik Dato Sri Tahir, Pakuwon Grup milik Alexander Tedja, JIS, Hermina, Bank Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan, dan PLN Indonesia.

Sementara itu, pada 20 Desember 2023, Presiden Jokowi melakukan sejumlah groundbreaking di IKN, di antaranya Pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat Ibu Kota Nusantara (RSUP IKN), lalu pembangunan Nusantara Superblock di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim). Investasi pada Nusantara Superblock ini mencapai Rp3 triliun.

Pada 17 Januari hingga 19 Januari 2024, Presiden Jokowi meresmikan sejumlah proyek pembangunan kloter keempat di IKN. Adapun proyek tersebut yakni kantor Otorita IKN, proyek investasi Nusantara Logistik Hub milik PT Pos Indonesia, Masjid Negara, Memorial Park, kompleks perkantoran LPS, perusahaan penyedia gudang material Sentra Unggul Nusantara (SUN Hub) dengan total nilai investasi senilai Rp6,1 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.