Daftar Tantangan Ekonomi RI 2024

Kondisi ekonomi pada 2024 masih penuh dengan bayang-bayang ketidakpastian global yang mencakup ketegangan geopolitik di Eropa Timur dan Timur Tengah, kenaikan inflasi dunia, perlambatan ekonomi mitra dagang utama Indonesia, hingga ekspektasi perubahan kebijakan suku bunga di Amerika Serikat.

Maria Elena

22 Nov 2023 - 18.09
A-
A+
Daftar Tantangan Ekonomi RI 2024

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi./Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Kondisi ekonomi pada 2024 masih penuh dengan bayang-bayang ketidakpastian global yang mencakup ketegangan geopolitik di Eropa Timur dan Timur Tengah, kenaikan inflasi dunia, perlambatan ekonomi mitra dagang utama Indonesia, hingga ekspektasi perubahan kebijakan suku bunga di Amerika Serikat.

Pemerintah pun mewaspadai berbagai risiko tersebut terutama yang berasal dari perubahan kebijakan moneter di AS yang diestimasi akan melonggarkan suku bunga acuan sehingga kembali memberikan hentakan pada pasar keuangan negara berkembang, termasuk Indonesia.

Meski demikian, Indoesia diyakini mampu menyangkal sentimen negatif itu dengan berbekal pertumbuhan ekonomi yang solid, inflasi kembali berhasil dikendalikan, serta perluasan pasar baru untuk menopang aktivitas ekspor.

Dari sisi pasar keuangan, instrumen moneter baru dari BI yakni Sekuritas Valas Bank Indonesia (SVBI) mendapat respons positif dari investor. Pada lelang perdana kemarin, investor telah menanamkan dananya senilai US$168 juta untuk SVBI tenor 1 bulan dan US$68,5 juta untuk instrumen bertenor 3 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.