Daftar Tarif Tol Trans Sumatra untuk Mudik Lebaran 2024

Informasi tarif Jalan Tol Trans Sumatra perlu menjadi perhatian masyarakat, terlebih beberapa ruas telah mengalami penyesuaian tarif.

Alifian Asmaaysi

1 Apr 2024 - 11.24
A-
A+
Daftar Tarif Tol Trans Sumatra untuk Mudik Lebaran 2024

Ruas tol Trans Sumatra. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) merilis daftar tarif tol terbaru untuk Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) pada momentum mudik Lebaran 2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan informasi tarif Jalan Tol Trans Sumatra perlu menjadi perhatian masyarakat, terlebih beberapa ruas telah mengalami penyesuaian tarif.

“Informasi besaran tarif menjadi hal penting, kami mengimbau kepada pemudik untuk mempelajari terlebih dahulu tarif tol Trans Sumatra sebelum memulai perjalanan mudiknya. Sehingga akan mencegah ketidakcukupan saldo yang dapat mengakibatkan terjadinya antrean di gerbang tol,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Senin (1/4/2024).

Para pengendara perlu memperhatikan tarif Tol dari Bakauheni ke Palembang yang saat ini telah mengalami perubahan menjadi sebesar Rp410.000 untuk golongan I.

Angka tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan momen mudik tahun lalu karena adanya penyesuaian tarif tol Bakauheni – Terbanggi Besar sejak 25 Mei 2023 sebelum kemudian dikelola oleh PT Bakauheni Terbanggi Besar Tol. 

Selanjutnya di sisi utara, tarif untuk golongan I dari Bandara Kualanamu menuju Tanjung Pura juga telah mengalami penyesuaian pada momen Lebaran 2024 kali ini, menjadi Rp105.500. 

Baca Juga: Mengintip Bocoran Diskon Tarif Tol dan Jadwal One Way Mudik Lebaran 2024


Sementara itu, terkait dengan kebijakan diskon tarif tol selama momentum mudik Lebaran tahun 2024 yang disampaikan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KPUPR), Hutama Karya berencana untuk memberlakukan diskon tarif pada dua ruas terpanjang di JTTS yakni di Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 km dan Tol Indralaya – Prabumulih sepanjang 64,5 km selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Meskipun demikian, belum dirinci secara pasti berapa besaran dan kapan diskon tarif tol tersebut akan berlaku.

“Saat ini kami masih masih melakukan perhitungan atas rencana penerapan diskon tarif tersebut. Harapannya dapat segera kami umumkan maksimal satu minggu sebelum arus mudik dimulai,” kata Tjahjo.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.