Dag-Dig-Dug Moratorium Bea Masuk E-Commerce

Indonesia dan para negara berkembang bersatu berupaya mematahkan keinginan Organisasi Perdagangan Dunia alias World Trade Organization (WTO) melanggengkan moratorium bea masuk produk digital yang hanya menguntungkan segelintir negara.

Tegar Arief Fadly

23 Feb 2024 - 14.34
A-
A+
Dag-Dig-Dug Moratorium Bea Masuk E-Commerce

Salah satu loka pasar terbesar di dunia, Amazon./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Indonesia bersama sejumlah negara berkembang tengah berusaha memutus upaya Organisasi Perdagangan Dunia yang berhasrat melanggengkan moratorium bea masuk produk digital, dalam pertemuan yang digelar bulan depan. Maklum, keputusan itu hanya menguntungkan yurisdiksi kaya.

Sekadar informasi, sejak 1998 Organisasi Perdagangan Dunia alias World Trade Organization (WTO) menerapkan moratorium bea masuk produk digital. Meski selalu dibahas ulang secara periodik, faktanya moratorium terus diperpanjang.

Dalam kesepakatan terakhir, moratorium itu akan berakhir pada Maret 2024 alias bulan depan. Artinya, Indonesia dan negara lain berpeluang melakukan negosiasi agar moratorium sepenuhnya dihapus.

Akan tetapi, langkah itu sepertinya tidaklah mudah. Musababnya, WTO yang mendapat dukungan dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS), berupaya untuk mempermanenkan moratorium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.