Dampak Aturan Transparansi Bunga Kredit pada Margin Bunga Bersih (NIM) Perbankan

Berlakunya peraturan baru tentang transparansi bunga kredit perbankan bakal berimplikasi pada turunnya margin bunga bersih di industri perbankan nasional, yang selama ini cenderung sangat tinggi.

Arlina Satiti Mugi Laras

17 Mar 2024 - 13.18
A-
A+
Dampak Aturan Transparansi Bunga Kredit pada Margin Bunga Bersih (NIM) Perbankan

Bisnis, JAKARTA — Rencana penerbitan aturan baru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang transparansi bunga kredit bakal menjadi babak baru bagi persaingan industri perbankan nasional.

OJK mengungkapkan bahwa peraturan tentang Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) itu rencananya bakal terbit tahun ini, meski belum dipastikan tanggal penerbitannya. 

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan melalui Rancangan Peraturan OJK ini, pihaknya meminta bank untuk transparan mengenai pengenaan bunga kredit pada debitur.

“Hal ini mengingat masyarakat memiliki informasi yang objektif dan memadai untuk dapat memilih penawaran suku bunga yang paling kompetitif," ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Minggu (17/3/2024)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Dampak Aturan Transparansi Bunga Kredit pada Margin Bunga Bersih (NIM) Perbankan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.