Dampak Digitalisasi pada Kantor Cabang, ATM, hingga Karyawan Bank

Sepanjang 5 tahun terakhir, telah terjadi perubahan besar pada industri perbankan. Jumlah infrastruktur fisik makin berkurang, sedangkan aktivitas digital kian meningkat. Jumlah bank, kantor cabang, hingga ATM terus berkurang. Karyawan pun turut terdampak.

Tim Redaksi

3 Jun 2024 - 14.25
A-
A+
Dampak Digitalisasi pada Kantor Cabang, ATM, hingga Karyawan Bank

Bisnis, JAKARTA — Penurunan jumlah infrastruktur fisik perbankan kian berlanjut, mulai dari kantor cabang hingga ATM, terutama seiring dengan perkembangan digitalisasi perbankan yang makin maju. Imbasnya, sejumlah bank memangkas jumlah karyawannya besar-besaran.

Berdasarkan data Surveillance Perbankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah ATM, CDM, dan CRM di Indonesia pada akhir 2023 mencapai 91.412 unit. Jumlahnya menyusut 2.604 unit dalam setahun, atau dibandingkan akhir 2022 yang sebanyak 94.016 unit.

Adapun, dalam 5 tahun terakhir telah terjadi penyusutan 12.227 unit di mana per akhir 2019 jumlah ATM, CDM, dan CRM masih mencapai 103.639 unit.

Tak hanya ATM, bank juga menutup ribuan kantornya. Berdasarkan data Statistik Perbankan Indonesia yang dirilis OJK, jumlah kantor bank di Indonesia pada Februari 2024 mencapai 24.268 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.