Dampak El Nino Bagi Produksi Minyak Goreng

Produsen minyak goreng bersiap menghadapi dampak pemanasan suhu permukaan laut atau El Nino yang diperkirakan terjadi tahun ini. Pemerintah menyiapkan strategi untuk mengamankan pasokan domestik lewat pembatasan kuota ekspor.

Rayful Mudassir

28 Apr 2023 - 18.21
A-
A+
Dampak El Nino Bagi Produksi Minyak Goreng

Pekerja menata kelapa sawit saat panen di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu 30 Agustus 2020. Bisnis Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) menyebut adanya ancaman El Nino atau pemanasan suhu permukaan laut yang diprediksi terjadi tahun ini akan berdampak terhadap produksi minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO). 


Ketua Umum Gapki Eddy Martono menyampaikan meski El Nino berdampak terhadap produksi CPO, namun dampaknya baru terasa tahun depan.


“Kalau dampak apabila terjadi El Nino tahun ini baru akan terasa tahun depan,” katanya kepada Bisnis, Jumat (28/4/2023). 


Lebih lanjut disampaikan Eddy, tahun ini kematangan buah kemungkinan agak terlambat jika Indonesia dilanda El Nino, sehingga dampaknya baru akan terasa tahun berikutnya.


Baca juga: Potensi Emiten CPO Tembus Rintangan El Nino & Pengetatan Ekspor


Ancaman dampak El Nino terhadap penurunan produksi CPO yang berujung pada meningkatnya harga minyak goreng di pasar rakyat mulai diantisipasi oleh pemerintah. 


Antisipasi yang dilakukan, yakni melalui kebijakan khusus minyak goreng untuk mengantisipasi kenaikan harga minyak goreng yang dipicu oleh El Nino.


Kebijakan itu di antaranya memangkas besaran rasio kuota hak ekspor CPO dari semula 1:6 menjadi 1:4, hingga memonitor pergerakan pasokan minyak goreng. 


Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa menambahkan, Bapanas telah menetapkan cadangan pangan khususnya minyak goreng pada tahap awal sebanyak 100.000 ton. 


“Kami perintahkan kepada Bulog dan ID Food untuk menyiapkan cadangan pangan tersebut dan akan digunakan dalam rangka stabilisasi pasokan maupun harga,” jelasnya di Kantor Kementerian Perdagangan, Kamis (28/4/2023). 


Pada tahap berikutnya, Bapanas akan meningkatkan cadangan minyak goreng di kisaran 200.000 ton hingga 300.000 ton.




TURUN


Di sisi lain, pengetatan ekspor tak mampu mendongkrak harga minyak kelapa sawit di pasar berjangka yang konsisten di jalur penurunan akibat permintaan berkurang setelah kehilangan sebagian daya saingnya dengan minyak nabati lain.


Kontrak CPO pengiriman Juli –kontrak teraktif-- di Bursa Derivatif Malaysia ditutup lebih rendah 1,8 persen di posisi 3.571 ringgit per ton pada Rabu (26/4/2023). Menjelang Idulfitri, gelagat penurunan CPO mulai terlihat. Bursa Derivatif Malaysia kemudian libur mulai Jumat (21/4/2023) hingga Senin (24/4/2023).


Minyak sawit kini berada di jalur penutupan terendah sejak akhir Maret. Permintaan yang lebih lemah terlihat pada ekspor Malaysia yang merosot lebih dari 18 persen menjadi 927.331 ton dalam 25 hari pertama April dibandingkan dengan bulan sebelumnya, menurut surveyor kargo AmSpec Agri yang dikutip Bloomberg.


Sementara itu, data Intertek Testing Services menunjukkan ekspor Malaysia pada periode tersebut turun 14% karena penjualan ke India anjlok 32 persen dan ke China turun sekitar 20 persen.




Berdasarkan data Intertek Testing Services pula, ekspor minyak sawit Indonesia berikut olahannya turun menjadi 1,96 juta ton pada Maret 2023 setelah menembus 2 juta ton bulan sebelumnya.


Khusus CPO, ekspornya pada Maret turun menjadi 92.200 ton dari bulan sebelumnya sebanyak 101.792 ton. Selanjutnya, ekspor RBD palm olein turun dari 900.360 ton menjadi 702.954 ton. Sementara untuk ekspor RBD palm oil turun dari 432.974 ton menjadi 372.310 ton.


Berdasarkan negara tujuan, penurunan ekspor Indonesia terjadi di India dan China. Pengapalan ke India yang pada Februari mencapai 378.883 ton, turun menjadi 333.084 ton pada Maret. Ekspor ke China juga turun dari 378.883 ton menjadi 333.084 ton. (Ni Luh Angela, Sri Mas Sari, Yustinus Andri DP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.