Dampak Fitur Transaksi TikTok Shop Terhadap UMKM di 12.12

Berdasarkan catatan Bisnis, saat ini Tokopedia mengklaim dimanfaatkan oleh sekitar 14 juta merchant, sementara TikTok Indonesia digunakan oleh 6 juta seller lokal dan 7 juta kreator affiliate, dengan pengguna bulanan mencapai 125 juta.

Leo Dwi Jatmiko

30 Des 2023 - 15.33
A-
A+
Dampak Fitur Transaksi TikTok Shop Terhadap UMKM di 12.12

Ilustrasi konsumen yang berbelanja secara daring melalui e-commerce di ponsel mereka. /Freepik.

Bisnis, JAKARTA – Tokopedia, unit bisnis e-commerce PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mengungkapkan dibukanya fitur transaksi di TikTok Shop turut membantu UMKM lokal untuk tumbuh, khususnya pada momen 12.12. 

Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan mengatakan Tokopedia dan TikTok berupaya mendukung pertumbuhan UMKM dalam negeri. Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah dengan meluncurkan kampanye bersama Beli Lokal saat momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12. 

“Kampanye Beli Lokal bertujuan membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal untuk mendapatkan panggung lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12, lewat aplikasi Tokopedia dan TikTok,” kata Aditia kepada Bisnis, Jumat (29/12/2023). 

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Geliat Masif Bisnis Daring—Drama TikTok Shop

Aditia menambahkan animo masyarakat cukup tinggi terhadap kampanye Beli Lokal, termasuk saat momen Harbolnas 12.12, menimbulkan berbagai dampak positif pada penjualan para UMKM lokal.

Berdasarkan catatan Bisnis, saat ini Tokopedia mengklaim dimanfaatkan oleh sekitar 14 juta merchant, sementara TikTok Indonesia digunakan oleh 6 juta seller lokal dan 7 juta kreator affiliate, dengan pengguna bulanan mencapai 125 juta.

Merujuk pada laporan compas.co.id, pada Harbolnas 12 Desember 2023 lalu, seluruh platform e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan baik nilai penjualan maupun jumlah transaksi. 




Pada periode ini industri fast moving consumer goods (FMCG) di e-commerce berhasil mencapai penjualan sebesar Rp279 miliar dari 9 juta transaksi atau meningkat 86% dari rata-rata nilai penjualan di hari lainnya yang hanya mencapai Rp149 miliar. 

Untuk Tokopedia, mencatatkan peningkatan nilai penjualan sebesar 214% atau meningkat Rp47 miliar, ke angka Rp69 miliar. 

Sementara itu e-commerce lainnya, Blibli yang meningkat 316% atau Rp6,2 miliar ke angka Rp8,2 miliar; Lazada meningkat 154% atau Rp18,4 miliar ke angka Rp30,5 miliar; dan Shopee meningkat 50% atau Rp57 miliar ke angka 171 miliar.

Baca juga: Mengurangi Kuota Impor Gula Mentah pada 2024

Pada periode ini compas.co.id juga merekam dampak yang diberikan TikTok Shop pada periode 12 Desember 2023—19 Desember 2023. Pada periode ini, industri FMCG di TikTok Shop berhasil meraup nilai penjualan sebesar Rp193 miliar dari 2 juta transaksi, yang didapatkan lebih dari 48.000 brand yang aktif memasarkan produknya. 

CEO Compas.co.id Hanindia Narendrata (Drata) mengatakan Compas.co.id yang melakukan pemantauan data penjualan e-commerce secara real-time melalui metode crawling, merekam bahwa periode 12.12 merupakan peningkatan penjualan tertinggi sepanjang masa harbolnas pada 2023 dengan 86%. 

“Sebelumnya peningkatan tertinggi dicatatkan pada bulan November 2023 dengan 64%,” kata Drata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.