Dampak La Nina Tak Terbukti di DKI, Banjir Besar Masih Mengintai

Di Jakarta dan sekitarnya, serta wilayah lain di Tanah Air, periode Oktober sampai dengan Februari merupakan masa-masa kritis terjadinya banjir besar. Bahkan periode Oktober 2021 sampai dengan Februari 2022 diprediksi terjadi banjir besar kembali karena adanya fenomena La NIna.

Zufrizal

7 Apr 2022 - 10.09
A-
A+
Dampak La Nina Tak Terbukti di DKI, Banjir Besar Masih Mengintai

banjir besar melanda Jakarta pada Januari 2013. - Bisnis

Bisnis, JAKARTA — Kapan biasanya Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir hebat? Jawabnya sangat sederhana. Jika di wilayah hulu dilanda hujan lebat dengan intensitas yang cukup lama dan di hilir, kondisi air laut sedang pasang besar.

Dua hal itu selama ini menjadi penyebab utama yang mengakibatkan sebagian besar wilayah Jakarta dan juga sekitarnya ditutupi air bah. Yang dimaksudkan dengan wilayah hulu di sini adalah kawasan puncak dan sekitarnya yang menjadi induk dari sebagian besar dari 13 kali atau sungai yang membelah Ibu Kota dan sekitarnya.

Kali Ciliwung merupakan sungai terbesar dibandingkan dengan 13 kali yang ada tersebut. Jika Kali Ciliwung meluber, pengaruhnya terhadap luasan banjir di Ibu Kota sangat signifikan. Itu kenyataannya jika kita melihat fakta-fakta banjir besar yang melanda Jakarta dalam beberapa dekade terakhir. KIta biasa menyebutnya dengan banjir kiriman karena airnya berasal dari hulu yang dikirim melalui Ciliwung, termasuk ke kali lainnya.

Selain itu, kondisi permukaan wilayah Jakarta yang berkategori dataran rendah di mana ada sebagian area yang berada di bawah permukaan laut membuatnya rentan terhadap banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal
company-logo

Lanjutkan Membaca

Dampak La Nina Tak Terbukti di DKI, Banjir Besar Masih Mengintai

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.