Dana Jaminan AJB Bumiputera 1912 Bisa untuk Bayar Klaim

OJK menyampaikan kepada manajemen AJB Bumiputera 1912 agar dimungkinkan pencairan kelebihan dana jaminan yang diperkirakan Rp260 miliar untuk bayar klaim.

Rika Anggraeni

10 Okt 2023 - 18.23
A-
A+
Dana Jaminan AJB Bumiputera 1912 Bisa untuk Bayar Klaim

Para nasabah meminta agar manajemen Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 segera membayarkan klaim mereka. /Bisnis

Bisnis, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyarankan agar manajemen Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 untuk menggunakan dengan baik kelebihan dana jaminan yang diperkirakan mencapai Rp260 miliar.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK Ogi Prastomiyono mengatakan bahwa saat ini OJK menyampaikan kepada manajemen AJB Bumiputera 1912 agar dimungkinkan untuk pencairan atas kelebihan dana jaminan yang diperkirakan masih ada sekitar Rp260 miliar.

Baca juga: Garda Depan Asuransi Pertanian di Tengah Sinyal Kekeringan

“Kelebihan dana jaminan yang bisa digunakan untuk pembayaran klaim, terutama klaim-klaim yang sudah jatuh tempo dan jumlahnya relatif kecil,” kata Ogi dalam konferensi pers Hasil Rapat Dewan Komisioner OJK Bulan September 2023 secara virtual, Senin (9/10/2023). 

Ogi menyebut bahwa saat ini perusahaan asuransi berbentuk mutual itu masih terus berupaya melakukan optimalisasi aset sebagai salah satu alternatif pembayaran klaim.


Karyawan melayani nasabah di kantor cabang PT Asuransi Jiwa Bumiputera, di Jakarta, Selasa. /Bisnis-Endang Muchtar

Adapun sampai dengan 12 Juni 2023, AJB Bumiputera 1912 telah merealisasikan pembayaran klaim terhadap 43.808 polis asuransi dengan total nilai Rp126,82 miliar.

Dalam hal pemenuhan kewajiban klaim kepada pemegang polis, OJK menyatakan bahwa saat ini AJB Bumiputera 1912 masih memiliki aset yang cukup untuk pembayaran klaim.

Baca juga: Faktor-Faktor Asuransi Tradisional Meningkat di Tahun 2023

Namun demikian, Ogi menjelaskan bahwa aset yang dimaksud itu sebagian besar dalam bentuk aset tetap. Alhasil, AJB Bumiputera 1912 membutuhkan waktu.

“Saat ini manajemen AJBB terus berkoordinasi mencari dari bank untuk bisa bridging pinjaman atas jaminan aset-aset tersebut, saat ini masih dalam proses,” pungkas Ogi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.