Dana Pemda di Bank Rp278 Triliun, Teguran Presiden Didengar?

Teguran dari pemerintah pusat agar pemerintah daerah memanfaatkan dana APBD sering disampaikan. Namun, tradisi pemda memarkir dana di masih terus terjadi. Hal itu memancing pertanyaan apakah teguran presiden masih didengarkan pemerinah daerah?

Saeno

30 Nov 2022 - 13.46
A-
A+
Dana Pemda di Bank Rp278 Triliun, Teguran Presiden Didengar?

Presiden Jokowi kesal karena dana APBD yang mengendap di bank masih tinggi. Kondisi ini juga terjadi pada 2021./Setpres

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah pusat baik melalui Menteri Keuangan maupun Presiden kerap mengingatkan tentang dana APBD yang masih diparkir pemda di bank. Teguran dari pemerintah pusat agar pemerintah daerah memanfaatkan dana APBD sering disampaikan. Namun, tradisi pemda memarkir  dana di masih terus terjadi. 

Hal itu memancing pertanyaan apakah teguran presiden masih didengarkan pemerinah daerah? 

Seperti dejavu, Presiden Jokowi kembali menegur pemerintah daerah yang masih memarkir dana APBD di perbankan. Presiden Jokowi kesal lantaran dana pemda yang mengendap di bank mencapai Rp278 triliun. 

Kejadian serupa terjadi pada November 2021. Saat itu Presiden menegur para pemimpin daerah karena dana APBD yang mengendap di bank masih tinggi, di level Rp200-an triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.