Dana PEN untuk IKN, Pemulihan Ekonomi Bisa-bisa Kian Tak Merata

Mengerahkan anggaran penguatan ekonomi untuk pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur dapat membuat kecepatan pemulihan daerah makin timpang.

Sri Mas Sari

31 Jan 2022 - 22.00
A-
A+
Dana PEN untuk IKN, Pemulihan Ekonomi Bisa-bisa Kian Tak Merata

Desain eksterior yang bakal menjadi Istana Kepresidenan di ibu kota negara Nusantara di Kalimantan Timur, Selasa (4/1/2022)./ Antara @nyoman_nuartarnrn

Bisnis, JAKARTA – Ide penggunaan sebagian anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional untuk pembangunan tahap awal ibu kota baru negara dikhawatirkan akan menyalahi peruntukan, di samping dapat membuat pemulihan ekonomi antarprovinsi tidak merata.

Klaster penguatan ekonomi –salah satu dari tiga klaster program PEN 2022— bermaksud memberikan dukungan kepada sektor perekonomian agar dapat memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi.

Kendati penggunaannya belum diperinci, Deputi III Kantor Staf Presiden Panutan Sulendrakusuma mengatakan bentuk sokongan itu tidak akan jauh dari seputar dukungan bagi UMKM dan korporasi atau insentif pajak (Antara, 20/1/2022).

Jika dana klaster penguatan ekonomi digunakan untuk membangun ibu kota negara (IKN) pada tahap awal, maka penggunaan itu akan melenceng dari maksud penganggaran. Pembangunan IKN memang bisa ikut andil dalam menguatkan ekonomi di lokasi ibu kota baru, misalnya lewat pembelian material bangunan, penyerapan tenaga kerja, lonjakan omzet warung dan toko di sekitar lokasi, tetapi itu bukanlah sasaran klaster penguatan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Sri Mas Sari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.