Dana Triliunan Rupiah Keluar RI Demi Impor Bawang Putih

Triliunan rupiah dana keluar dari Indonesia untuk mengimpor komoditas bawang putih dari China. Kalangan pengusaha menduga adanya permainan mafia dari importasi tersebut.

Rayful Mudassir

25 Mei 2023 - 20.53
A-
A+
Dana Triliunan Rupiah Keluar RI Demi Impor Bawang Putih

Pedagang bawang putih beraktifitas di salah satu pasar di Jakarta, Selasa (3:3:2020). Bisnis/Abdurachman

Bisnis, JAKARTA - Importir Indonesia merogoh kantong hingga triliunan per tahun untuk memasok bawang putih ke Tanah Air. Setidaknya dana sekitar Rp36,25 triliun keluar dari Indonesia sejak 2019 demi memasok komoditas hortikultura tersebut.

Meski menjadi negara agraris, Indonesia rupanya tak mampu memenuhi kebutuhan bawang putih melalui pertanian di dalam negeri. Alhasil, konsumsi masyarakat harus dipenuhi lewat kebijakan impor.

Sebagai gambaran, kebutuhan konsumsi bawang putih nasional pada 2023 menurut Kementerian Pertanian sebesar 560.000 ton. Jumlah ini cukup timpang bila dibandingkan dengan produksi dalam negeri yang hanya 45.000 ton pada 2021. 

Produksi bawang putih domestik tertinggi tercatat pada 2019 sebesar 88.000 ton. Kemudian turun menjadi 81.000 ton setahun kemudian. Sementara itu, sepanjang 2021 - 2017, produksi bawang putih dari petani lokal hanya berada di kisaran 15.000 ton - 21.000 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Dana Triliunan Rupiah Keluar RI Demi Impor Bawang Putih

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.