Dapat Proyek Lagi di IKN, Total Garapan ADHI Capai Rp1,8 Triliun

Emiten BUMN, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) kembali mendapatkan pekerjaan konstruksi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara senilai Rp493,7 miliar.

Jaffry Prabu Prakoso

13 Des 2022 - 19.26
A-
A+
Dapat Proyek Lagi di IKN, Total Garapan ADHI Capai Rp1,8 Triliun

Presiden Joko Widodo saat mempromosikan IKN Nusantara kepada calon investor. /Biro Setpres

JAKARTA – Emiten BUMN, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) kembali mendapatkan pekerjaan konstruksi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara senilai Rp493,7 miliar, sehingga total proyeknya di IKN mencapai Rp1,8 triliun.

ADHI ditunjuk oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai pelaksana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

ADHI memperoleh kontrak proyek konstruksi rumah tapak kedinasan beserta fasilitas penunjangnya di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.


Pada Rabu (7/12/2022), surat perintah mulai kerja (SPMK) untuk pekerjaan konstruksi senilai Rp493,7 miliar ini telah ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Susun dan Rumah Khusus II PUPR Ronal Setiyadi dengan perwakilan Kerja Sama Operasi (KSO) Yan Arianto General Manager Departemen Gedung ADHI. Penandatanganan ini menandakan pekerjaan ini resmi dilakukan dan akan diserahterimakan pada 2024.

ADHI menjadi kontraktor utama dalam skema KSO yang dilakukan dalam pelaksanaan proyek ini. Pada proses pelaksanaannya, lingkup pekerjaan ADHI meliputi perencanaan dan perancangan; pekerjaan konstruksi dan infrastruktur kawasan, seperti rumah tapak, penataan kawasan untuk fasilitas umum dan sosial; serta prasarana dan sarana kawasan.

Baca juga: Adhi Karya (ADHI) Garap Proyek Rumah Menteri di IKN Nusantara

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson sebelumnya sempat menuturkan bahwa perseroan menargetkan kontrak dari IKN berkisar Rp3 triliun hingga Rp3,5 triliun. 

Pembangunan IKN telah berkontribusi dalam perolehan kontrak hingga November 2022 dengan total nilai kontrak sebesar Rp1,4 triliun. Lalu dengan penambahan kontrak baru ini, total kontrak dari IKN terhadap ADHI telah mencapai Rp1,8 triliun.

"IKN sedang kami ikuti terus proses lelangnya. Harapannya, kami target Rp3 triliun—3,5 triliun kontrak baru," ungkapnya baru-baru ini.

Baca juga: Wacana Mobil Terbang di Kawasan IKN Dinilai Prospektif

ADHI telah memperoleh kontrak pembangunan infrastruktur IKN Nusantara untuk proyek, antara lain 22 Tower untuk Hunian Pekerja Konstruksi IKN, Pelindung Fender Jembatan Pulau Balang, Jalan Tol Seksi 3A Segmen Karangjoang-KTT Kariangau, dan terbaru, ialah Rumah Tapak Kedinasan di IKN Nusantara.

Perolehan kontrak dari pembangunan IKN diharapkan akan terus bertambah seiring proses pelelangan yang masih diikuti oleh ADHI. Corporate Secretary Adhi Karya Farid Budiyanto menyatakan bahwa perolehan kontrak baru ini akan memberikan dampak positif bagi kinerja ADHI. (Rinaldi Mohammad Azka)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.