Daya Pikat Bisnis Data Center Tarik Pengembang Properti Ekspansi

Industri data center rupanya tengah menjadi primadona. Data center saat ini memang menjadi salah satu sektor yang menjadi generator ekonomi di berbagai kota di dunia, termasuk Jakarta dan sekitarnya. Para pengembang properti di Indonesia mulai berekspansi dan memperluas usahanya ke data center.

Yanita Petriella

10 Jan 2023 - 18.33
A-
A+
Daya Pikat Bisnis Data Center Tarik Pengembang Properti Ekspansi

Ilustrasi data center. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Industri data center rupanya tengah menjadi primadona. Data center saat ini memang menjadi salah satu sektor yang menjadi generator ekonomi di berbagai kota di dunia, termasuk Jakarta dan sekitarnya. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan era digital saat ini. Pandemi, membuka pola kebiasaan baru di berbagai sektor kehidupan, seperti pola kerja hybrid antara kerja dari kantor atau work from office (WFO) dan kerja dari rumah atau work from home (WFH), pola belanja online, dan penggunaan internet untuk sosialisasi yang terus tumbuh subur sehingga mampu menstimulasi maraknya sektor data center.

Hal inilah yang membuat para pengembang properti di Indonesia mulai berekspansi dan memperluas usahanya ke sektor data center atau pusat data. Dalam Global Investor Outlook 2023 yang dirilis oleh perusahaan manajemen investasi dan konsultan properti Colliers Asia Pasifik.

Head of Capital Markets & Investment Services Colliers Indonesia Steve Atherton mengatakan Indonesia juga menghadapi kenaikan suku bunga oleh bank sentral serta biaya konstruksi yang lebih tinggi karena meningkatnya kekhawatiran konsumen. Meskipun demikian, inflasi dan kenaikan suku bunga di Indonesia masih yang lebih rendah dari negara-negara di Amerika Serikat dan Eropa. Begitu juga devaluasi mata uang yang lebih sedikit.

Kondisi pasar perkantoran dan pasar apartemen mengalami kesulitan selama dua hingga tiga tahun terakhir. Pandemi juga menciptakan dislokasi di pasar properti lokal, terutama di hotel dan ritel. Hal ini membuat banyak pengembang dan investor memfokuskan kembali bisnis ke perumahan dan berekspansi ke kelas aset baru seperti logistik dan data center. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Daya Pikat Bisnis Data Center Tarik Pengembang Properti Ekspansi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.